Prof Quraish Shihab Sebut KDRT hanya Dilakukan Orang Hina dan Gagal

Prof-Quraish-Shihab6.jpg
((Istimewa))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Prof Quraish Shihab sebut KDRT hanya dilakukan orang hina dan gagal. Kekerasan Dalam Rumah Tangga terjadi pada pasangan selebriti Lesti Kejora dan Rizky Billar. Lalau bagaimana Islam memandang KDRT?

Profesor Muhammad Quraish Shihab lewat video pendek di akun Instagram @matanajwa, Jumat (4/2/2022) menyatakan KDRT merupakan perbuatan hina yang dilakukan oleh orang-orang yang gagal.

“Tidak ada orang yang memukul istrinya, kecuali orang yang gagal dalam hidupnya,” kata Prof Quraish yang juga Pendiri Pusat Studi Alquran.


Ahli tafsir itu memperkuat pendapatnya dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam At-Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, dan Imam Abu Dawud. Hadits itu berisikan larangan suami memukul istrinya. Sebab, Nabi sendiri tidak pernah memukul istri-istrinya dan bahkan beliau menegur suami yang memukul istri.

“Nabi yang menjelaskan: ‘Jangan pukul sampai mencederai, jangan pukul wajah, dan jangan sampai terjadi penganiayaan,” ujar profesor lulusan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir ini.

Rasulullah melalui hadits ini sejatinya tengah mengkritik keras para suami yang kerap memukul istrinya. Hadits ini juga menegaskan seharusnya seorang suami yang mencintai istrinya memperlakukan istrinya secara baik dan terhormat dikutip dari suara.com

“Tidak ada orang yang memukul kecuali orang yang hina, dan tidak ada orang yang memuliakannya kecuali orang yang mulia,” jelas penulis Tafsir Al-Misbah itu.