Teganya! Bayi yang Meninggal Usai Dilahirkan Ini Dimasukkan dalam Tas Kresek

Bayi.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Peristiwa ini bisa jadi dikatakan gambaran buruk pelayanan kesehatan di negeri kita. Bagaimana tidak, dua orang perawat di Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Gorontalo tega meletakkan mayat bayi pasiennya dalam tas kresek lalu meletakkannya di dekat kaki sang ibu.


Tak hanya itu, tubuh bayi anak pasangan Acan Paudi-Wiwin Rahim yang tak bernyawa tersebut tidak dibersihkan terlebih dahulu. Bahkan, mereka meletakkannya bersama tumpukkan kain kotor.

 

Sebelumnya, keluarga mengantar Wiwin Rahim masuk RSAS pada hari Sabtu pekan lalu, setelah merasakan detak jantung janin sangat lemah dan gerakan janin tidak biasa.

 

“Wiwin melahirkan jam 01.00 Wita dan kondisi bayinya sudah tidak bernyawa lagi. Oleh dua orang perawat mayat bayi tidak dibersihkan, langsung dimasukkan dalam tas kresek dan diletakkan di bagian kaki sang ibu bersama tumpukan kain kotor” kata seorang kerabat Wiwin yang bernama Dela, Sabtu (27/2/2016).

BACA JUGA : Aborsi Bisa Dilakukan, Asal dengan Ketentuan Ini

 

Yang lebih mengenaskan, Wiwin dan mayat bayinya dibiarkan dalam ruang persalinan hingga pukul 09.00 Wita siang tanpa mendapat pelayanan yang layak.

KLIK JUGA : Di Sumatera, Riau Nomor 2 Paling Tinggi Pengangguran

 

Menurut Dela, selama 8 jam, Wiwin hanya dibiarkan di ruang persalinan tanpa dibersihkan.

 

“Wiwin tidak dibius dan hanya disuntik perangsang karena air ketuba belum pecah. Wiwin disuruh mengejan” jelas Dela. Hingga berita ini diturunkan, pihak RSAS belum bisa dikonfirmasi atas kejadian tersebut.