Meski Diguyur Hujan Lebat, Riau Tak Akan Dingin Lagi, ini Penjelasan BMKG

Kantor-BMKG-Pekanbaru.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pada pertengahan bulan Januari 2018 lalu, ada beberapa hari dimana suhu udara di Pekanbaru dan Riau secara umum menjadi lebih dingin dari biasanya.

Saat itu suhu mencapai 22 derajat celcius. Padahal suhu normal Pekanbaru antara 33-35 derejat celcius.

Namun, kondisi ini diprediksi tak akan terjadi lagi. Seperti dijelaskan Analis Badan Meteorlogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Gita Dewi Siregar. Ia mengatakan bahwa masyarakat kota Pekanbaru tidak akan lagi merasakan suhu dingin terutama di malam hari, meskipun Pekanbaru tengah dilanda hujan lebat.

"Tidak. Keadaan itu tidak akan terjadi lagi di Pekanbaru," katanya, Jumat, 2 Februari 2018.

Lanjutnya, suhu dingin di bulan Januari itu diperkirakan adanya gangguan tekanan udara rendah di sekitar perairan Pulau Kalimantan. Gangguan tekanan udara inilah yang berimbas kepada Pekanbaru dan sekitarnya.

"Yang kemaren itu karena ada tekanan suhu rendah di sekitaran pulau Borneo. Sehingga pertumbuhan awan meningkat di Riau," imbuhnya.

Akibat tekanan suhu yang rendah tersebut, sinar matahari kemudian tertutup oleh awan dan tak sampai ke permukaan bumi berakibat kepada dinginnya suhu Kota Pekanbaru. (1)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id