Ahmad Dhani Larang Once Mekel Nyanyikan Lagu-lagu Dewa 19, Ada Apa?

Dani-dan-once.jpg
(Suara.com/Ismail)

RIAU ONLINE - Pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu grup musiknya. Jika Once membandel, Dhani bahkan tak segan-segan menempuh jalur hukum.

Ketentuan larangan untuk Once Mekel membawakan lagu-lagu Dewa 19 ini berlaku sejak, Selasa, 28 Maret 2023.

"Saya umumkan, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19," ujar Ahmad Dhani, dikutip dari Suara.com, Rabu, 29 Maret 2023.

Larangan ini diberlakukan Ahmad Dhani kepada Once Mekel lantaran dirinya dan personel Dewa 19 yang lainnya sedang menggelar tur. Dhani tak ingin orang yang tidak terlibat tur membawakan karya-karya Dewa 19.

"Sekarang Dewa 19 sedang melakukan tur. Setelah Lebaran setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser lain yang mengganggu, yang menggunakan lagu Dewa 19," kata Ahmad Dhani.

"Saya menjaga kemurnian dari konser Dewa 19 yang dilangsungkan setelah Lebaran. Konser Dewa 19 itu sampai Desember full," katanya melanjutkan.


Selain itu, Ahmad Dhani juga ingin melindungi hak eksklusif promotor yang menaungi konser tur Dewa 19 sepanjang 2023.

"Kami juga memberikan privilege bagi EO yang menggelar konser Dewa 19. Jadi hanya mereka yang bisa menampilkan karya-karya Dewa 19," imbuh Ahmad Dhani.

Sementara, belum diketahui sampai kapan Ahmad Dhani melarang Once Mekel menyanyikan karya-karya Dewa 19. Kendati begitu, Ahmad Dhani masih mengizinkan Once Mekel membawakan lagu ciptaannya di luar Dewa 19.

"Kalau lagu Dhani yang lain boleh, yang tidak boleh lagu Dewa 19. Lagu saya di T.R.I.A.D, Ahmad Band itu boleh," kata Ahmad Dhani.

Bahkan, Ahmad Dhani menyebut ada sanksi tegas bagi Once Mekel jika menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 di tengah jadwal konser tur band asal Surabaya itu.

"Sanksi pidananya tiga tahun, sanksi perdatanya kurang lebih Rp500 juta," ucap kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis.

Ahmad Dhani dan Once Mekel belakangan memang memiliki hubungan yang memanas. Keretakan hubungan dua musisi ternama Tanah Air itu berawal saat Dewa 19 menggelar konser di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 4 Februari 2023.

Saat itu, Ahmad Dhani mengungkap bahwa satu dari personel band itu meminta bayaran melebihi kesepakatan awal. Kendati Dhani tak menyebut nama, namun sejumlah orang menduga sosok yang dimaksud adalah Once Mekel. Terlebih lagi, Once sempat menolak hadir di konser tersebut karena menurutnya acara tersebut sudah disusupi kampanye politik.

Ahmad Dhani kemudian mengungkap kalau Once Mekel selama ini tidak pernah membayar royalti setiap membawakan lagu-lagu miliknya. Sementara Once beralasan, yang seharusnya membayar royalti bukan dirinya, melainkan pihak si pembuat acara atau event organizier.