Tahukah Kamu? 4 Hal Ini Bisa Bikin HP Berasap hingga Meledak

Ilustrasi-Android.jpg
(Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAU ONLINE - Di tengah kecanggihan teknologi informasi, HP menjadi barang yang paling dibutuhkan saat ini. Tapi, tahukah kamu? HP bisa saja berasap hingga meledak karena sejumlah hal.

Penggunaan HP yang tidak benar dan dalam waktu yang lama menjadi salah satu pemicu kerusakan para pada HP. Bahkan, hingga berasap dan akhirnya meledak.

Sebagaimana dilansir dari Suara.com, ada 4 hal yang membuat HP berasap hingga meledak. Apa saja?

1. Baterai Rusak

HP berasap hingga bahkan meledak satu di antara penyebabnya adalah karena masalah baterai atau baterai yang tanpa disadari sudah rusak.

Biasanya, baterai yang rusak dan sudah tak layak pakai bentuknya akan menggembung. Jika baterai rusak masih digunakan, maka akan memicu korsleting pada HP bahkan bisa meledak.


2. Kualitas Charger

HP berasap dan meledak juga dapat disebabkan produk charger yang digunakan memiliki kualitas rendah. Penggunaan charger berkualitas buruk tentunya akan membuat umur ponsel menjadi pendek pula.

Jadi, disarankan untuk mengisi daya HP menggunakan charger sembarangan. Sebab, tidak semua charger mempunyai fitur yang sama, sehingga proses pengisian daya HP pun dapat terganggu bahkan meledak.

3. Ponsel Panas

Meletakkan HP sembarangan tak jarang menjadi pemicu bahaya. Apalagi jika HP ditaruh di dekat area sumber panas, seperti lampu, pemanas ruangan, atau perangkat elektronik lainnya yang memicu panas.

Kondisi baterai yang panas akan memicu ledakan pada ponsel. Sehingga, sangat dianjurkan untuk tidak meletakkan HP sembarangan, apalagi didekat area pemicu panas.

4. Ponsel Sering Terjatuh

HP berasap hingga meledak juga dapat disebabkan karena sering terjatuh. Karena itu, sebaiknya berhati-hati saat memegang dan menggunakan HP agar tidak gampang jatuh. Bila perlu, gunakan pelindung HP guna meminimalisir kerusakan HP saat terjatuh.