MIUI 13 Punya 5 Fitur Tersebunyi yang Tidak Dimiliki Pesaingnya

MIUI-13.jpg
([Amanz/Unsplash)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-MIUI 13 punya 5 fitur tersebunyi yang tidak dimiliki pesaingnya. Ponsel Xiaomi MIUI 13 saat ini masih menjadi antarmuka terbaru yang digunakan oleh Xiaomi, meskipun perusahaan asal China tersebut tengah mengembangkan MIUI 14.

MIUI 13 sendiri memiliki beberapa fitur tersembunyi yang mungkin jarang diketahui oleh pengguna. Fitur tersembunyi MIUI 13 ini menawarkan beragam kustomisasi kepada pengguna HP Xiaomi.

Salah satu daya tarik MIUI adalah antarmuka ini memiliki banyak fitur tersembunyi, tetapi sangat berguna. Dengan mengetahui fitur tersembunyi MIUI 13, pengguna bisa mengeksplor fungsi HP Xiaomi lebih dalam.

Dilansir dari Gearrice pada Jumat (11/11/2022), berikut ini lima fitur tersembunyi MIUI 13 yang harus diketahui pengguna:

1. Memperluas RAM

RAM adalah elemen penting dalam smartphone Xiaomi untuk meningkatkan kinerja ponsel. Ini dapat diaktifkan dari pengaturan dengan cara yang sangat sederhana, meskipun jika pengguna memperluas memori RAM, maka akan memblokir penyimpanan internal dan menggunakannya sebagai RAM tradisional.

Untuk memperluas RAM di MIUI 13, pengguna dapat mengikuti langkah di bawah ini:

Buka Settings > pilih Additional settings > klik opsi Memory extension.
Aktifkan opsi tersebut dan secara otomatis sistem akan mencadangkan sebagian penyimpanan untuk digunakan sebagai RAM.
Nyalakan ulang ponsel untuk menerapkan perubahan.

2. Hilangkan iklan dengan DNS pribadi


Pengguna juga dapat menghilangkan iklan beberapa layanan melalui DNS khusus, meskipun DNS ini akan mengetahui halaman web yang dijalajahi pengguna. Jika pengguna ingin menggunakannya, kemungkinan privasi pengguna juga akan terpengaruh.

Dalam kasus ini, pengguna dapat menggunakan AdGuard sebagai salah satu DNS paling populer.

Untuk mengaktifkan DNS pribadi, lakukan cara di bawah ini:

Masuk ke pengaturan MIUI 13 dan klik Connect and Share.
Pilih Private DNS dan masuk ke menu.
Pada keterangan "Private DNS provider hostname", ketik dns.adguard.com.
Klik Save dan DNS pribadi akan memfilter iklan.

3. Aktifkan sidebar

Sidebar atau bilah sisi memungkinkan pengguna memiliki akses cepat ke berbagai aplikasi setiap saat. Untuk mengaktifkan sidebar MIUI 13, pengguna cukup melakukan hal di bawah ini:

Masuk ke pengaturan MIUI dan pilih Special Functions.
Pilih Sidebar.
Aktifkan opsi Always Show dan sesuaikan sidebar di sisi layar yang pengguna inginkan. Pengguna juga dapat menambahkan aplikasi yang diinginkan ke sidebar.

4. Pertahankan mode kamera

Banyak smartphone kembali ke mode kamera default setelah pengguna menutup aplikasi kamera. Namun, Xiaomi memungkinkan pengguna untuk memilih apakah pengguna ingin melanjutkan dalam mode yang digunakan terakhir kali ketika pengguna membuka kamera atau memulai ulang.


Untuk mempertahankan mode atau pengaturan kamera, lakukan hal di bawah ini:

Buka aplikasi kamera MIUI 13.
Klik pada ikon tiga garis horizontal di kanan atas.
Klik Settings > Keep Settings.
Pilih apa yang ingin pengguna pertahankan atau batalkan saat membuka dan menutup kamera.

5. Fungsi multitasking horizontal

Pengaturan yang tidak banyak diketahui oleh pengguna MIUI adalah memungkinkan pengguna untuk mengubah bagaimana jendela multitasking terbuka. Pengguna bisa menempatkannya dalam format horizontal.

Untuk mengubah desain recent apps, pengguna dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Buat gerakan mencubit di awal ponsel.
Klik pada ikon roda gigi di bagian bawah.
Klik Plus > buka opsi Organize items in Recents dan alihkan ke tampilan lanskap.
Seperti yang diketahui, ada penyesuaian sederhana yang dapat digunakan pengguna di MIUI 13. Beberapa fungsi ini sangat berguna untuk menikmati fitur-fitur baru yang mungkin tidak terlalu diketahui oleh pengguna.

Fitur tersembunyi MIUI 13 ini menawarkan kemudahan lain kepada pengguna. Dengan mengetahui fitur tersembunyi MIUI 13, pengguna HP Xiaomi bisa menikmati fungsi-fungsi yang belum pernah dijajal sebelumnya dikutip dari suara.com