5 Bahan Produk Kosmetik Ini Harus Dihindari Pemilik Kulit Kering

Ilustrasi-perawatan-kulit.jpg
(Alodokter)


RIAUONLINE - Pemilik kulit kering sangat disarankan untuk menghindari produk kosmetik yang semakin membuat kulit semakin kering. Sangat penting bagi pemilik kulit kering untuk mengetahui bahan-bahan dalam produk kosmetik yang tidak cocok bagi kulit kering.

Lalu, apa saja bahan produk kosmetik yang harus dihindari pemilik kulit kering? Berikut di antaranya seperti dilansir dari Suara.com, Selasa, 13 September 2022:

1. Alkohol

Seorang dokter kulit di Modern Dermatology, Rhonda Klein, mengatakan alkohol merupakan bahan yang mungkin muncul dalam beberapa bentuk. Namun, bahan ini dapat membuat kulit semakin kering dan mengiritasi.

"Alkohol SD, Alkohol Terdenaturasi, atau Isopropil Alkohol, adalah istilah yang harus diwaspadai—kesamaan di masing-masingnya adalah mengeringkan kulit," katanya.

Alkohol biasanya sering ditemukan pada bahan produk kosmetik yang bersifat matte.

2. Parfum


Parfum atau wewangian yang terkandung dalam produk kosmetik merupakan irritant kulit yang umum dan mengiritasi kulit kering serta memicu eksim.

Wewangian sintetis dan alami sering ditambahkan ke produk untuk membuatnya harum, namun merusak kulit kering dan sensitif.

3. Paraben

Paraben merupakan pengawet dan bahan sintetis yang ditambahkan ke produk yang dimaksudkan untuk memperpanjang umur simpannya. Paraben mungkin mengiritasi kulit kering, karena lebih rentan terhadap iritasi dan alergi.

4. Glycolic Acid

Glycolic acid adalah exfoliant kimia. Umumnya digunakan untuk mengurangi, membersihkan komedo, dan pori-pori yang tersumbat. Meski mengangkat sel-sel kulit mati penting untuk dilakukan, namun bahan ini harus dihindari bagi kulit kering.

5. Salicylic Acid

Umumnya, bahan ini ditemukan dalam produk perawatan kulit yang dipasarkan untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Namun bagi pemilik kering, sangat dianjurkan untuk menghindari kosmetik berbahan salicylic acid atau asam salisilat, karena dapat menyebabkan kulit semakin kering.