7 Makanan Khas Melayu Yang Nikmat Disantap Saat Berbuka

Es-Laksamana-mengamuk.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

Laporan: Dwi Fatimah 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah seharian berpuasa, kita sering kali ingin makan ini dan itu untuk mengembalikan energi. Riau memiliki banyak kuliner khas yang lezat dinikmati saat berbuka puasa. Kenikmatan makanan khas Melayu Riau yang tersaji di atas meja, siap mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.

Makanan khas Riau yang kaya bumbu dan rempah, tentu menggugah selera. Tidak hanya makanan, minuman khas Melayu Riau yang segar tentu cocok jika disajikan untuk menu berbuka puasa.

Tujuh makanan dan minuman khas Melayu Riau ini wajib kamu coba saat berbuka puasa.

1. Gulai Baung Asam Durian

Gulai baung asam durian yang segar dan pedas tentu menambah kenikmatan saat bersantap buka puasa. Ikan yang bertekstur lembut, tebal dan berduri halus ini diolah bersama asam durian yang difermentasi selama satu minggu.

2. Mie Sagu


Saat mendengar kata sagu mungkin terlintas dipikiran anda dengan Papua yang menjadikan sagu makanan pokoknya. di Riau sagu ini diolah jadi kuliner khas Melayu. Makanan yang satu ini cocok sekali untuk anda yang memiliki diabetes, karena sagu rendah gula dan mie sagu ini memiliki tekstur yang kenyal, mie sagu diberi teri, daun kucai, rebusan tauge, dan bumbu lainnya ini sangat nikmat disantap saat berbuka puasa.

3. Gulai Cipuik

Masih dalam kategori gulai, makanan khas Riau ini sangat menarik karena dibuat dari siput (cipuik). Kendati bagi beberapa orang masih terkesan janggal, hidangan gulai ini ternyata salah satu yang dicari saat berbuka puasa. Bahan dasar siput yang digunakan juga sudah dibersihkan. Salah satu yang unik dari makanan ini adalah tekstur kenyal pada siput yang memberi sensasi tersendiri ketika menikmati makanan khas Riau ini.

4. Es Laksamana Mengamuk

Berbuka puasa tak lengkap rasanya tanpa hidangan manis dan segar. Es laksamana mengamuk bisa jadi salah satu pilihan untuk berbuka puasa. Minuman khas Melayu Riau ini disajikan dengan buah mangga kuini sebagai bahan utama. Es laksamana mengamuk menawarkan rasa dan aroma mangga kuini yang kuat. Perpaduan antara mangga kuini, santan kental dan gula aren ini memberikan sensasi lezat saat berbuka puasa.

5. Lopek Bugi

Makanan khas Melayu Riau berikutnya yang nikmat disantap saat berbuka puasa adalah lopek bugi. Cemilan yang dahulu kerap disajikan untuk para bangsawan ini terbuat dari ketan dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, di dalamnya terdapat isian parutan kelapa yang manis.

6. Roti Jala

Roti jala berbahan dasar tepung dibentuk menyerupai jala dan dinikmati dengan saus durian yang manis atau dengan kari ayam yang gurih sangat nikmat disantap saat berbuka puasa sebelum menyantap makanan berat.

7. Es Air Mata Pengantin

Es air mata pengantin biasanya disajikan pada saat moment bahagia. Es yang penuh warna ini disajikan dengan agar agar beraneka warna, biji selasih, nata de coco, sirup dan serutan es batu. Warna dan rasanya tentu sangat menggoda.