Kenali 5 Ciri-ciri Rekan Kerja Toxic, Baiknya Dihindari!

teman-toxic.jpg
(pixabay)

RIAUONLINE - Rekan kerja memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda. Semakin banyak rekan kerja yang kita miliki, semakin banyak watak yang akan kita temui. Tidak jarang, rekan kerja kita memiliki sifat toxic yang dapat merugikan orang-orang di sekitarnya.

Jika ada rekan kerja kita yang memiliki sifat toxic, sebaiknya kita jaga jarak dan jangan terlalu dekat atau akrab dengannya. Hal ini supaya kita tidak dirugikan oleh sifat toxic yang dimilikinya. Lalu seperti apa rekan kerja yang toxic?

Berikut ini adalah 5 ciri-ciri rekan kerja yang toxic.

1. Suka Menyalahkan Orang Lain

Saat bekerja, wajar jika kita melakukan sebuah kesalahan. Kita harus mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan yang telah kita perbuatan. Hal ini sebagai wujud dedikasi kita pada perusahaan tempat kita bekerja.

Namun berbeda dengan rekan kerja yang toxic. Mereka tidak akan mau mengakui kesalahannya sendiri dan justru melempar kesalahan tersebut pada orang lain. Hal ini tentu akan merugikan orang-orang di sekitarnya khususnya orang yang ia salahkan.

2. Sering Mengeluh


Bekerja memiliki resiko entah itu lelah, pusing, dan lain sebagainya. Hal tersebut wajar dan harus kita terima sebagai konsekuensi kita sebagai pekerja. Namun, rekan kerja yang toxic akan lebih sering mengeluh atas pekerjaan atau kondisi yang sedang menimpanya.

Hal ini tentu merugikan perusahaan karena bukannya mengerjakan tugas dengan maksimal justru lebih sering mengeluh. Seringnya mengeluh juga dapat membuat suasana kerja menjadi tidak baik.

3. Gemar Bergunjing

Orang yang suka bergunjing memang merugikan semua orang di mana pun ia berada, tidak terkecuali saat di tempat kerja. Rekan kerja yang suka bergunjing termasuk rekan kerja yang toxic karena merugikan banyak orang. Apalagi jika yang ia bicarakan bukanlah fakta sebenarnya melainkan hanya sekadar fitnah belaka.

4. Suka Memerintah

Saat ada tugas pekerjaan yang harus diselesaikan, kita seharusnya mengerjakan tigas tersebut dengan baik. Namun tidak dengan rekan kerja toxic yang suka memerintah, ia justru akan menyuruh orang lain untuk mengerjakan tugas tersebut.

Merugikan? Tentu saja karena orang lain harus menanggung tugas yang seharusnya ia kerjakan sendiri. Selain itu, rekan kerja seperti ini juga akan gemar menyuruh orang lain untuk kepentingannya sendiri, seperti mengambilkan minum, dan lain sebagainya.

5. Provokator

Ciri-ciri rekan kerja toxic lainnya adalah provokator. Rekan kerja seperti ini suka membuat orang lain di tempat kerjanya saling bermusuhan. Hal ini dilakukan dengan menghasut atau menyiarkan desas-desus yang tidak jelas kebenarannya. Tindakan ini tentu sangat merugikan orang-orang di sekitarnya karena hubungan menjadi tidak baik.

Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/suara.com