5 Cara Bijaksana Hadapi Kritik untuk Tingkatkan Karir

Ilustrasi-Toxic-People.jpg
(hallosehat)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kritikan bagi sebagian orang mungkin menjadi salah satu hal yang menyinggung perasaan. Kritikan sering dianggap sebagai suatu penghinaan, padahal kritikan tidak selamanya buruk.

Dalam dunia profesional, kritik terkadang diperlukan untuk meningkatkan kinerja sehingga karir bisa berkembang. Sayangnya, masih banyak orang bersikap defensif karena belum memahami cara bijak menerima kritik.

Lalu bagaimana cara bijak menerima kritik di tempat kerja tanpa merasa tersinggung dan tetap tenang, simak ulasan berikut:

Dengarkan dengan sungguh sungguh dan jangan dipotong

Menerima kritik memang tidak mudah. Terkadang, ada rasa sakit hati yang harus kita abaikan. Pasalnya, kita sudah berusaha melakukan yang terbaik namun ternyata tetap keliru di mata orang lain.

Maka dari itu, ketika kritik disampaikan padamu, kamu harus berusaha menyimak dan mendengarkan dengan seksama. Jangan buru-buru memotong ucapan orang itu untuk membela diri.


Jangan membela diri

Emosi biasanya menguasai diri kamu ketika dikritik oleh orang lain, namun jangan sampai kamu berusaha mati-matian untuk membela diri saat dikritik. Menunjukkan sikap emosi juga hanya akan membuatmu terlihat keras kepala dan susah diajak bekerja sama.

Jangan anggap kritik sebagai serangan pribadi

Bila tetap mendapat kritik padahal sudah menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal, kamu pasti akan merasa kecewa dengan diri sendiri.Kamu bisa jadi menyalahkan diri karena tidak bisa bekerja dengan benar.

Namun, perlu diingat bahwa kritik dalam pekerjaan justru bisa menjadi introspeksi diri untuk meningkatkan kinerja kamu.

Fokus pada solusi dan cara memperbaiki diri

Setelah selesai dengan kritiknya, kita bisa menanyakan apa yang sebaiknya dilakukan. Ini tandanya, kita sedang fokus pada solusi dan cara memperbaiki diri.

Ketimbang galau dan bersedih karena ternyata orang lain lebih melihat kekurangan, bukankah lebih bijak kalau kita mengajak orang itu untuk memberikan jalan keluar yang tepat? Dengan begini, kamu gak perlu menyimpan rasa sakit hati akibat diberi kritik.

Tunjukan rasa terimakasih kepada orang yang memberi kritik

Meski untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang yang memberikan kritik, kamu perlu belajar memahami bahwa kritik bisa membangun dan menjadi hal positif untuk kehidupan kamu ke depannya. Ingat, orang yang memberikan kritik juga kerap merasa tidak nyaman dan canggung seperti saat menerima kritik.