4 Cara Berikan Semangat Bagi Teman Yang Suka Mengeluh

teman-baik.jpg
(bola.com)

RIAUONLINE - Mengeluh merupakan sikap yang tidak baik dan sangat tidak disukai banyak orang. Namun, bagaimana pun itu, setiap orang pasti pernah mengeluh karena sesuatu hal, misalnya karena pekerjaan, percintaan maupun masalah kehidupan yang tak henti.

Mengeluh itu hadir karena tak sanggup lagi menahan rasa lelah dan letih menghadapi semuanya. Tentu, boleh-boleh saja mengeluh, tetapi jangan sampai berlarut-larut karena itu tak baik.

Berikut 4 cara menenangkan teman yang suka mengeluh:

1. Berikan dia semangat

Cara yang dapat diambil bila memiliki teman yang suka mengeluh adalah beri dia semangat. Semangat yang kita berikan akan membuat dia sadar bahwa mengeluh itu bukan sikap yang baik.

Teman kita akan merasakan semangat yang kita beri adalah kekuatan baginya untuk bangkit dan buang segala keluhan yang mengancam hati dan pikirannya.


2. Yakinkan pasti bisa lepas dari masalah

Cara yang kedua dapat dilakukan adalah yakinkan dia pasti bisa lepas dari masalah. Teman yang mengeluh harus diberikan keyakinan dan solusi untuk lepas dari masalah yang membuatnya mengeluh. Dia butuh asupan pendapat dan saran yang membangun agar tidak terpuruk.

Keluhan yang disampaikan kepadamu harus didengarkan dengan baik dan kasih saran sebagai bentuk penguatan sehingga dia bisa bangkit lagi.

3. Berikan bantuan

Cara yang ketiga dan dapat kita lakukan adalah berikan bantuan. Bantuan yang dimaksud dalam hal tenaga maupun materi atau uang.

Teman yang mengeluh sering terkait dengan uang atau ekonomi keluarganya lemah. Dari kondisi itu, kita dapat berinsiatif untuk meminjamkan uang kepadanya untuk menghilangkan sikap mengeluh tersebut.

4. Mengalihkan pembicaraan

Jikalau ada teman yang mengeluh terhadap sesuatu hal, kita bisa mengalihkan pembicaraan dengan topik yang lebih menghibur dan lebih menarik lainnya agar teman tersebut tidak mengingat permasalahan yang terjadi dalam hidupnya. Dia harus dibuat lebih rileks dengan pembicaraan yang menarik baginya.

Dengan 4 (empat) cara tersebut tentu sangat membantu teman yang sering mengeluh. Setidaknya, kita mampu mengurangi keluhan yang dia alami dengan empat cara itu.

Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/SUARA.com