Ingat 4 Hal Ini, Persahabatan Kalian Akan Awet

teman-baik.jpg
(bola.com)

RIAUONLINE - Seorang sahabat yang baik adalah teman yang selalu ada dalam suka dan duka serta bisa saling mendukung dalam segala hal. Seorang sahabat yang baik akan bisa saling mengerti keadaan dan bersama menyelesaikan sebuah masalah.

Tatkala, ada juga sahabat yang memiliki rasa simpati yang tinggi sehingga hubungan persahabatan makin awet atau akur. Namun, tak menutup kemungkinan ada juga hubungan persahabatan berakhir atau putus karena sesuatu hal. Berangkat dari itu, penting buat kamu untuk mengetahui 4 (empat) tips untuk menjalin hubungan persahabatan yang awet.

1. Tidak saling menjelek-jelekkan

Dalam sebuah persahabatan, penting untuk tidak saling menjelek-jelekkan teman lainnya. Hal ini sering terjadi ketika seorang sahabat menjelek-jelekkan sahabatnya yang lain di belakangnya. Kata-kata buruk dan tidak benar diungkapkan hanya untuk menjelekkan saja. Sikap dan tindakan seperti itu harus dihindari karena tidak baik dalam menjalani hubungan persahabatan, malah akan menambah musuh. Tak perlu sikap menjelek-jelekkan teman karena tak ada gunanya.

2. Hanya untuk memanfaatkan saja


Hal kedua ini yakni hanya untuk memanfaatkan saja, sering terjadi dalam hubungan persahabatan. Sahabat yang satu mendekati sahabat lainnya hanya untuk mengharapkan bantuan saja. Setelah sudah dibantu, malah ditinggalkan begitu saja. Tujuannya menjalin persahabatan adalah untuk mendapatkan sesuatu yang dia butuhkan, bukan untuk menjalin persaudaraan yang awet. Maka hal tersebut harus dihindari agar hubungan persahabatanmu awet.

3. Komitmen untuk saling mendukung

Dalam menjalin hubungan persahabatan, penting untuk berkomitmen saling mendukung. Tentu, sebelum memastikan jadi sahabat, harusnya sudah berkomitmen untuk saling mendukung, bukan malah saling menjelekkan. Komitmen itulah yang dibangun dan dipegang teguh terus menerus. Sahabat yang baik adalah sahabat yang bisa memegang komitmen. Seorang sahabat harus saling dukung setiap angan dan cita-citanya dan saling menguatkan dalam mendapatkannya.

4. Mau saling memaafkan

Tips yang terakhir ini wajib diperhatikan dalam menjalin persahabatan yaitu mau saling memaafkan. Sudah pasti semua orang pernah melakukan kesalahan. Atas kesalahan itu, sudah sepatutnya saling memaafkan. Dalam hubungan persahabatan pun demikian, dimana ketika seorang sahabat melakukan kesalahan, sepatutnya kesalahan itu dimaafkan karena tidak ada manusia yang sempurna. Maka dari itu, persahabatan terjalin lama atau awet karena mau saling memaafkan.

Keempat tips tersebut dapat diterapkan dalam menjalin hubungan persahabatan agar berjalan awet. Pertahankanlah persahabatan itu karena memiliki manfaat baik dalam kehidupan. Semoga bermanfaat.


Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/ suara.com