Ini Aturan Untuk Terbangkan Drone di Australia, Bagaimana di Indonesia?

Ilustrasi-Drone.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, MELBOURNE - Penggunaan drone sebagai media untuk mengabadikan foto atau video kian marak di tengah masyarakat. Dengan drone, seseorang bisa mengambil gambar dengan enggel dari atas langit.

Namun bagi yang ingin menerbangkan drone di Australia, sebaiknya perhatikan baik-baik aturan ini agar tak harus berurusan dengan pihak berwajib. 

Berikut ini aturan Penerbangan Drone di Australia yang dirilis media setempat, ABC:

1. Drone dilarang terbang malam. Karena droneharus bisa selalu melihat dan dipantau keberadaannya.
2. Tidak boleh menerbangkan drone lebih dari 400 kaki, atau 120 meter dari permukaan tanah. Selain itu juga tidak boleh diterbangkan dekat orang lain. Minimal jaraknya 30 meter.
3. Drone tak bisa diterbangkan di lokasi darurat tanpa izin.
4. Tak boleh juga menerbangkan drone di atas orang, seperti di pantai, taman, atau stadion olahraga saat pertandingan atau kegiatan olahraga berlangsung

Dengan aturan ini, Australia ingin menghargai privasi orang. Inilah dasar, drone tidak boleh untuk memotret dan merekam orang lain tanpa izin.

Sayangnya, aturan ini belum sepenuhnya diperhatikan orang. Pantauan ABC, ada banyak drone yang beterbangan di langit Australia di pantai saat musim liburan. Termasuk saat liburan akhir tahun kemarin.


"Orang-orang harus tahu, drone seharusnya bukan menjadi sebuah hadiah karena perlu tanggung jawab untuk menerbangkannya. Kita perlu paham, khususnya anak-anak tahu soal peraturan keselamatan," ujar Peter Gibson, juru bicara Civil Aviation Safety Authority.

"Seperti mengambil jarak 30 meter dari orang lain sebelum terbangkan drone, jadi kalau ada kesalahan dengan drone maka ada batas zona keselamatan dan tidak akan melukai orang lain. Begitu juga, jangan pernah terbangkan drone dimana pun dekat bandar udara, helipad, dan tempat-tempat dimana pesawat bisa terbang rendah, dan tidak melebihi ketinggian 400 kaki," papar Peter.

Diperkirakan ada sekitar 100 ribu drone yang terjual di Australia sebelum liburan akhir tahun 2017. Tapi pihak keselamatan penerbangan khawatir jika banyak orang tidak tahu soal peraturan menerbangkan drone di Australia.

Sebab, tetap saja ada orang yang menerbangkan drone di malam hari, di kawasan perumahan, dan dekat bandar udara kota Sydney.

Itu tadi aturan menerbangkan drone di Australia. Bagaimana dengan Indonesia? Akankan dibuat aturan juga untuk menjaga privasi serta keselamatan dalam menerbangkan drone? Kita tunggu saja. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id