Ridwan Kamil Hibahkan Software Smart City ke Wako Pekanbaru

Telekonference-Wali-Kota-Pekanbaru-dengan-Ridwan-Kamil.jpg
(PEKANBARU.GO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota Bandung memberikan bantuan hibah software Smart City ke Pemerintah Kota Pekanbaru. Selain Pekanbaru, pemberian hibah ini juga diberikan kepada Bupati Merauke, Palangkaraya, Banjarmasin, dan Lombok Barat. 

 

Wali Kota Pekanbaru, Ridwan Kamil mengatakan, pemberian Software Smart City ini dilakukan dengan teleconference via Skype, Jumat, 15 Juli 2016 lalu. 

 

"Ini bukan acara akad nikah. Perbanyak kolaborasi, kurangi kompetisi, karena kita NKRI," pesan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, dikutip RIAUONLINE.CO.ID, dalam akun Fanpage Facebook-nya, Senin, 18 Juli 2016. 

 

Baca Juga: Krisis Keuangan, Wako: Sabar Ya Gaji Ke-13 Pasti Kita Bayarkan

 

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, mengatakan, Pemerintah Pekanbaru bebas memilih aplikasi mana saja yang akan diterapkan di Kota Bertuah dari 400 aplikasi Smart City yang diaplikasikan di Bandung. 


 

Ia menjelaskan, Pekanbaru sudah sejak lama juga menerapkan Smart City. Bisa dilihat dengan enam indikator, antara lain smart government, smart society, smart living, smart economy, smart environment, dan smart mobility.

 

"Ini akan sangat baik bagi perkembangan Kota Pekanbaru," kata Firdaus.

 

Penerapan konsep Smart City, tutur Firdaus, dapat dilihat dalam program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW). Pada program ini, dilansir dari dari pekanbaru.go.id, sudah terbentuk database warga Kota Pekanbaru hingga ke RW,. 

 

Klik Juga: CPU KPU Kota Pekanbaru Dicuri, Wakapolresta: Tak Ada Motif Sabotase

 

Dari RW, database akan dikumpulkan ke kelurahan, kecamatan hingga pada tingkat kota yang bisa diakses Wako melalui telepon pintar (smartphone).

 

Pada 2016, Pekanbaru sudah menetapkan Kecamatan Rumbai sebagai pilot project penerapan program Smart City. Nantinya, Rumbai akan membangun sistem terkoneksi terhadap semua data kependudukan, mulai dari RT/RW hingga Kecamatan. Rumbai dipilih karena memiliki sajian data kependudukan yang paling baik.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline