Aktual, Independen dan Terpercaya


Kim "Suka" Gadget Apple, tapi Benci Amerika

Kim-Jong-un.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Kim Jong-un benci Amerika? Masyarakat dunia tentu tak heran lagi. Sejak Korea Utara dipimpin kakek dan ayahnya, negara itu memang kerap berseberangan dengan Amerika.

 

Tapi, dibalik kebenciannya itu, Jong-un dianggap gemar menggunakan gadget pabrikan Amerika, Apple. Setidaknya inilah kesan yang bisa ditangkap dari sebuah foto di jejaring sosial Twitter yang dibagikan oleh seorang bernama James Pearson.

 

Pearson selama ini dikenal sebagai koresponden Reuters yang banyak membahas mengenai Korea Utara dan Korea Selatan. Dia juga merupakan penulis dari buku North Korea Confidential.

 

Dalam foto tersebut, sebagaimana Nextren rangkum dari IBTimes, Selasa (16/2/2016), Jong-un terlihat sedang duduk dalam ruangan, kemungkinan di pesawat atau kereta, sambil tertawa lebar. Di depannya terdapat sebuah komputer jinjing dengan logo Apple di bagian tengah.

 

Diduga kuat, perangkat tersebut tak lain merupakan laptop Apple MacBook Pro.

 

Jong-un sendiri memang dikenal gemar menggunakan produk-produk buatan Apple. Ini bukan kali pertama ia "kepergok" sedang bersama gadget dari pabrikan berlambang buah apel tergigit itu.

 

Pada Maret 2013 lalu, misalnya, tersebar foto Jong-un yang sedang bekerja di depan komputer desktop iMac, yang juga buatan Apple.

 

Bentuk kekaguman Jong-un terhadap produk Apple juga terlihat dari OS buatan Korea Utara, Red Star. Rumor yang beredar menyatakan bahwa Jong-un begitu menyukai desain Mac OS X yang ada di iMac miliknya sehingga ia meminta agar sistem operasi Red Star didesain mirip dengan OS buatan Apple tersebut.

 

Kabar hubungan mesra Jong-un dengan gadget Apple terdengar miris di tengah situasi rakyat negeri komunis pimpinannya yang serba kekurangan dan kerap didera bencana kelaparan.