Sering Merasa Sibuk dan Susah Menikmati Hidup? Lakukan Strategi Ini

PEKERJA.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE - Selalu bekerja melawan waktu memang akan membuat kita merasa kelelahan. Oleh sebab itu, banyak orang yang merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan kesibukan dan gaya hidup mereka. Antara pekerjaan, tugas-tugas sekolah, keluarga, dan seabrek tanggung jawab lainnya yang harus diselesaikan kadang membuat kita kesulitan mengatur waktu.

 

Anda mungkin berpikir tidak ada cara untuk mengatasi jadwal yang super padat, tapi ada beberapa strategi simpel yang bisa digunakan untuk sedikit melonggarkan kesibukan yang kamu miliki. Check them out! (BACA JUGA: Inilah Bahaya Keseringan Nonton TV)

 

1. Sibuk Itu Pilihan
Sama halnya dengan persoalan hidup lainnya, kesibukan juga merupakan pilihan yang kita buat sendiri. Anda adalah orang yang paling tahu kapasitas diri sendiri. Tetapi jika Anda memutuskan untuk melakukan lebih dari kapasitas yang bisa dilakukan, jangan mengeluh jika Anda kesulitan mengelola setiap waktu yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda tahu memiliki jadwal kuliah yang padat dari Senin sampai Jumat, tapi nyatanya Anda masih mengambil beberapa aktivitas tambahan di akhir pekan, really! Busy is your choice! Jika Anda ingin sedikit terbebas dari segala kesibukan dan menikmati hidup, coba lihat lagi dalam jadwalmu, adakah aktivitas yang bisa dikorbankan? Jika Anda kesulitan melakukan hal ini, cobalah untuk menyusun skala prioritasmu sekarang juga!

 

2. Buat Rencana
Perencanaan yang matang akan membuat hari-hari Anda sedikit lebih ringan. Sebab, Anda tahu dengan pasti apa yang harus dilakukan setiap harinya. Jika Anda memilih menjalani hari tanpa rencana yang matang, Anda bisa saja melewatkan tugas-tugas penting yang seharusnya Anda selesaikan hari itu dan berakhir tidak mengerjakan apapun. Pada akhirnya, pekerjaan-pekerjaan penting itu akan terus menumpuk dan akan terlalu terlambat untuk menyesali waktu yang terbuang begitu saja.

 

3. Belajarlah untuk Bilang "Tidak"
Membantu teman yang membutuhkan bantuan memang merupakan hal baik yang tidak boleh Anda tinggalkan, tapi Anda harus benar-benar mengetahui kapasitas sendiri. Jika Anda merasa sudah cukup direpotkan dengan pekerjaan sendiri, belajarlah untuk berkata tidak pada teman. Teman pasti akan mengerti kok, kalau Anda juga memiliki kesibukan dan prioritas yang harus Anda selesaikan.

 

4. Buatlah Hidup Anda Lebih Simpel
Seperti dilansir dalam laman allwomenstalk.com, Anda dan kesibukan yang ada mungkin adalah hasil dari gaya hidup yang Anda miliki. Misalnya, Anda terbiasa hang out dan belanja di tempat-tempat mahal. Dengan pengeluaran yang banyak, maka Anda tidak memiliki pilihan lain kecuali harus bekerja keras untuk menutupi segala kebutuhan dari gaya hidup yang kamu miliki. Jika Anda ingin sedikit terbebas dari segala kesibukan ini, cobalah untuk membuat hidupmu menjadi lebih simpel. Lebih hemat. Dengan demikian, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menarik nafas panjang dan menikmati hidupmu.

 

5. Bangun Lebih Awal
Memulai hari lebih awal adalah salah satu cara untuk membuat waktumu menjadi sedikit lebih longgar. Jika Anda memang tidak menyingkirkan salah satu kegiatan dari jadwal tapi Anda tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikan segala sesuatunya, cobalah untuk bangun satu atau dua jam lebih awal dan mulailah harimu lebih cepat.

 

Nah, itulah strategi-strategi yang akan sedikit membantu Anda mengatasi jadwal kesibukan yang menggunung. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa setiap orang memiliki kesibukannya sendiri-sendiri dari waktu ke waktu. Tapi, jika Anda terlalu sibuk dengan segala kegiatan, Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk dirimu sendiri. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk dirimu sendiri, Anda tentu tidak akan dapat memiliki hidup dengan bahagia. So, ingatlah selalu untuk menyediakan cukup waktu untuk dirimu mulai sekarang.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline 

 

Sumber: Vemale.com