Tim Komisi II DPR RI Kunker di Riau, Kejati Siap Kerjasama Sukseskan Pilkada

Kajati-dalam-pertemuan-dengan-DPR-RI.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas menghadiri Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Komisi II DPR RI ke Provinsi Riau di Balai Serindit, Senin, 22 April 2024.

Kunjungan ini berfokus pada evaluasi tahapan Pemilu dan persiapan serta kesiapan Pilkada Serentak 2024.

Dalam pertemuan itu, Kajati menyatakan pihaknya siap menjalin kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), serta akan membantu posko-posko di berbagai daerah.

"Kejaksaan Tinggi Riau telah membentuk posko-posko di berbagai daerah dan menjalin kerjasama dengan KPU melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara," katanya Kajati lewat Kasipenkum, Bambang Heri Purwanto.

Bambang menjelaskan Kejati Riau telah memastikan kelancaran proses Pilkada tanpa hambatan hukum


Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, menyampaikan apresiasi atas kesuksesan Pilpres 2024 yang berjalan lancar. Ia berharap Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan sukses pula.

"Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 adalah hujan yang turun di hampir seluruh wilayah Riau," kata Pj Gubri.

"Selain itu, polarisasi pada Pemilu 2024 tidak sekeras Pemilu 2019, dengan tingkat partisipasi pemilih untuk presiden mencapai 77,6%, lebih rendah dibandingkan 84,6% pada Pemilu 2019," tambahnya.

Kunjungan Kerja Tim Komisi II DPR RI ke Provinsi Riau ini dalam rangka Reses Masa Persidangan IV Tahun 2023-2024 terkait Evaluasi Tahapan Pemilu Serentak 2024 & Persiapan serta Kesiapan Pilkada Serentak 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Acara ini dihadiri oleh rombongan Komisi II DPR RI, Pj Gubernur Riau, Kapolda Riau, Danrem 031/WB, Danlanud RSN, Ketua KPU Provinsi Riau, Ketua Bawaslu Riau, Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, dan para tamu undangan lainnya.