Kapolda Riau Beri Penghargaan Kapolres Sukses Kawal Arus Mudik dan Balik Lebaran

Kapolda-Riau-halal-bi-halal.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seluruh jajaran Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Polresta dan Polres jajaran Polda Riau sukses mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1445 hijriah 2024.

Keberhasilan tersebut ditandai dengan minimnya angka kecelakaan dan turun sebanyak 14 persen dari tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, pemudik asal Riau dapat kembali ke kampung halaman dengan selamat tanpa ada kejadian atau peristiwa yang menonjol. 

"⁠⁠Jadi bisa kita lihat bersama terjadi penurunan angka kecelakaan serta kesuksesan Kasatwil dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran," ujar Kapolda Riau, Irjen. pol Mohammad Iqbal, Senin, 22 April 2024.

Lanjut Irjen Iqbal, enam Polres yang berprestasi serta mendapatkan penghargaan itu adalah Polresta Pekanbaru, Polres Dumai, Polres Indragiri Hulu, Polres Kampar, Polres Rokan Hulu dan Polres Bengkalis. 

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolda Riau Irjen M Iqbal didampingi Wakapolda Brigjen K Rahmadi di acara halal bi halal Polda Riau pelaksanaan di halaman depan Mapolda Riau, Jalan Pattimura Pekanbaru, Senin, 22 April 2024.


"Saya ucapkan selamat kepada seluruh Kapolres dan jajaran yang telah bersusah payah untuk mewujudkan Operasi Ketupat Lancang Kuning dapat berjalan sukses, " kata Irjen  Iqbal

Sementara itu, Dirlantas Polda Riau Kombes Taufik Nurhidayat mengatakan, pihaknya bersama Polres jajaran melaksanakan operasi tertib Ramadan dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan di wilayah-wilayah masing-masing. 

"Kami berupaya untuk mencegah gangguan keamanan dan keselamatan. Selain itu bagaimana kita bisa meningkatkan kesadaran kepada masyarakat dengan berlalu lintas yang baik dan yang berkeselamatan," tuturnya. 

Untuk itu, kegiatan ini didukung oleh 10 Kasatwil yang ada di Polda Riau dan diawasi oleh Kasatgas Preventif.

"Terselenggaranya Operasi Ketupat ini salah satunya adalah arahan dan petunjuk dari Kapolda Riau selaku Kaopsda Karo Ops yang setiap hari memberikan arahan kepada kami selaku Kasatgasnya dan operasi ini berjalan dengan baik, " pungkasnya. 

Juara 1 kategori optimalisasi penyelenggaraan Operasi Tertib Ramadan Lancang Kuning 2024 diraih Polresta Pekanbaru yang diterima Kombes Jeki Rahmat Mustika. Juara 2 diraih Polres Dumai yang diterima Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dan juara 3 diraih Polres Indragiri Hulu yang diterima oleh AKBP Dody Wira Wijaya. 

Kemudian untuk kategori optimalisasi Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 diraih Polres Kampar yang diterima langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja. Peringkat kedua diraih Polresta Pekanbaru dan peringkat tiga diraih Polres Rokan Hulu. Kapolres terinovatif diberikan kepada AKBP Bimo Setyo Anggoro yang menjabat Kapolres Bengkalis. 

Selain itu, sejumlah personel media juga meraih penghargaan dari Kapolda Riau karena telah memberikan kontribusi dalam pemberitaan dan dokumentasi.