Kajati Riau Bakal Dianugerahi Gelar Adat Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri

Kajati-Riau-Akmal-Abbas-bakal-digelari-gelar-adat.jpg
(Dok. Kejati Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Akmal Abbas, bakal menerima penganugerahan gelar adat dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau. 

Gelar yang akan disandang oleh Akmal Abbas adalah Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri.

Proses peminangan Akmal Abbas sebagai Datuk Seri Lela Setia Junjungan Negeri dilakukan di Rumah Dinas Kajati Riau pada Sabtu, 20 April 2024 malam. 

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh adat LAMR Riau, termasuk Datuk Zulkarnaen Nurdin, Datuk Rustam Effendi, dan Datuk Afrizal Alang.


Penganugerahan gelar adat ini diberikan kepada Akmal Abbas atas dedikasinya dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya Melayu Riau. 

Akmal Abbas dinilai telah berkontribusi dalam memajukan Provinsi Riau, khususnya dalam bidang penegakan hukum.

"LAMR Riau hendak menyampaikan hajat tersebut dilengkapi membawa hantaran berupa baju kebesaran adat dan tepak sirih sebagai lambang kebesaran dan kehormatan orang Melayu untuk meminta izin dalam hal meminang secara adat," ujar Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) dan Humas Kejati Riau, Bambang Heripurwanto, Minggu, 21 April 2024.

Saat peminangan itu, kata Bambang, prosesi penganugerahan gelar adat akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

"Prosesi penganugerahan akan dilaksanakan di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dalam waktu dekat," pungkasnya.