Diskusi Ramadan, Ombudsman Riau dan ICMI Cari Pemimpin Peduli Pelayanan Publik

Ombudsman-Riau-dan-ICMI-diskusi.jpg
(Dok. Ombudsman)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau menggelar diskusi Ramadan bersama MPW Pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim SE Indonesia (ICMI) di Jalan Ronggo Warsito, Pekanbaru, Sabtu, 30 Maret 2024.

Diskusi kali ini mengusung tema “Mencari Figur Pemimpin Peduli Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan PILKADA Berkualitas".

Sekretaris Umum MPW Pemuda ICMI Riau, Nurdiansyah yang juga ketua panitia, mengatakan bahwa figur pemimpin yang diharapkan harus peduli terhadap pelayanan publik. 

Sehingga akan berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, pendidikan, administrasi kependudukan, perizinan transportasi, jalan, sampah, parkir, fasilitas umum dan pelayanan lainnya.

“Dalam Pilkada tahun ini di Provinsi Riau diharapkan bisa menghasilkan Kepala daerah yang memprioritaskan pelayanan publik kepada masyarakat agar terwujudnya masyarakat adil dan makmur," ujar Nurdiansyah, Minggu, 31 Maret 2024.

Ketua ICMI Riau, Alaiddin Koto memberikan apresiasi kepada MPW Pemuda ICMI Provinsi Riau yang dapat bersinergi dengan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau untuk melakukan diskusi ini.


"Semoga hasil diskusi ini bisa memberikan kemanfaatan kepada masyarakat," tuturnya. 

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Riau, Bambang Pratama mengatakan diskusi ini merupakan inisiatif publik yang berasal dari diskusi ringan Ombudsman dengan Pemuda ICMI.

"Ada harapan dari publik bahwa Pilkada bisa menghasilkan sosok kepala daerah yang memprioritaskan peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Provinsi Riau, tentu saja ini bisa dilihat pada visi misinya," jelasnya. 

Ombudsman melihat lembaga kemasyarakatan seperti ICMI sudah melakukan hal tepat untuk berperan aktif melakukan diskusi pada ruang publik agar dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini menjadi pilkada yang berkualitas 

"Penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU sudah seharusnya menjadikan Pelayanan Publik sebagai tema dalam debat Pilkada," pungkasnya.

Sementara itu, anggota KPU Provinsi Riau, Supriyanto dalam paparannya mengatakan bahwa KPU selain sebagai pelaksana Pemilu juga bertugas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar menjadi pemilih cerdas.

"Tapi ini tidak cukup, perlu peran publik untuk mengawal Pilkada agar hasilnya sesuai yang diharapkan," harapnya. 

"Kami mengajak publik untuk bersama-sama melakukan pengawasan agar Pilkada yang akan dilaksanakan berkualitas dan terhindar dari kecurangan," pungkasnya.