Pengelola Wisata Diwanti-wanti Kapolda Riau: Kedepankan Keselamatan Bukan Keuntungan

Kapolda-RIau-usai-Rakor.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mewanti-wanti pengelola tempat wisata untuk mengedepankan keselamatan pasca liburan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pasalnya pada libur lebaran tahun lalu, terjadi kecelakaan kapal karena pengelola wisata hanya mengedepankan keuntungan tanpa memikirkan keselamatan masyarakat.

"Saya ingatkan seluruh operator dan pemilik kapal dan pengelola wisata, jangan mengedepankan keuntungan semata, kedepankan keselamatan. Apabila ada perbuatan melawan hukum akan saya tindak tegas," tegas Irjen Iqbal, Kamis, 28 Maret 2024.

Tidak hanya itu, jenderal bintang dua tersebut juga mengingatkan kepada jajaran untuk melakukan manajemen pengawasan kepada pengelola kapal.


"Jangan sampai ada insiden besar pasca mudik lebaran. Jika ada, saya akan copot dan ganti. Artinya tidak ada proses manajemen pencegahan dan pengawasan," terang Akpol 1991 tersebut.

Menurutnya, kunci keberhasilan arus mudik dan balik Idul Fitri 2024 ini yakni sinergitas dan kolaborasi yang baik dengan seluruh stakeholder.

"Semua stakeholder harus menggaris bawahi dan ini menjadi perhatian kita bersama. Selanjutnya gangguan keamanan juga banyak yang butuh berlebaran dengan aman."

"Masyarakat mudik dan kita yakinkan rumah dalam keadaan aman. RT RW, Polri dan TNI bekerja sama mengantisipasi bentuk gangguan keamanan," pungkasnya.