Arus Mudik Diprediksi Melonjak, Dishub Riau Dirikan Posko Mudik 2 April 2024

Ilustrasi-mudik3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau akan mendirikan posko mudik pada 2 April 2024. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto, mengatakan sejumlah petugas gabungan dari instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau maupun TNI-Polri akan ditempatkan di posko mudik.

"Posko induk kita tempatkan di UPT wilayah 1 Kota Dumai dan wilayah 2 Kabupaten Siak dan di setiap perbatasan," ujarnya, Rabu, 27 Maret 2024.

Menurutnya, arus mudik menjelang lebaran Idul Fitri akan cukup melonjak di Provinsi Riau, yakni mencapai 7 persen dari jumlah penduduk di Riau. 


Rinciannya menggunakan angkutan darat sebanyak 129.387 penumpang, angkutan udara 205.328 penumpang, angkutan laut 159.293 penumpang dan yang menggunakan angkutan penyeberangan sebesar 56.470 penumpang.

Peningkatan pergerakan pemudik ini diprediksi karena adanya libur lebaran dan cuti bersama, serta tidak adanya pembatasan pergerakan masyarakat masa Covid-19.

"Kita harapkan masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran nanti, terutama yang menggunakan kendaraan pribadi dapat memeriksa kendaraannya terlebih dahulu sebelum dibawa pulang kampung," pungkasnya.