RSJ Tampan Akui Jumlah Pasien Bertambah Usai Pileg 2024

RSJ-Tampan-Riau1.jpg
(Media Center Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Zainal Arifin mengakui ada penambahan jumlah pasien secara signifikan pasca Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu. 

Akan tetapi, pihaknya menyebutkan tidak ada pasien yang diklasifikasikan sebagai mantan calon legislatif (caleg). Ia menyebut, terkait data pasien yang masuk adalah caleg atau lainnya, merupakan kerahasiaan yang harus dijaga rumah sakit.

"Memang ada penambahan pasien pasca Pileg 2024, tetapi apakah yang masuk caleg atau bukan itu adalah rahasia pasien yang harus kita jaga. Karena inikan masih dianggap aib oleh masyarakat dan tidak boleh kita viralkan," ujarnya, Senin, 18 Maret 2024.

Ia menjelaskan, jumlah pasien pasca Pileg 2024 sudah mencapai 338 pasien. Jumlah ini melebihi kapasitas rumah sakit yang hanya memiliki 317 ranjang bagi pasien.


"Karena kenaikan cukup signifikan, banyak yang sudah kita pulangkan, tetapi lebih banyak pula yang masuk hingga akhirnya kita over kapasitas," jelasnya.

Di samping itu, Zainal menjelaskan RSJ Tampan masih mengoperasikan layanan Poli khusus Caleg depresi. Poli ini beroperasi mulai Senin sampai Jumat.

"Di luar waktu itu, kita siapkan di UGD," pungkasnya.