Pj Gubernur Riau Diisukan Dilantik Hari Ini, Siapa Calonnya?

Ilustrasi-gubernur.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, memprediksi pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Riau akan diselenggarakan hari ini, Selasa, 27 Februari 2024. Namun, ia tidak menyebutkan sosok calon Pj Gubernur Riau yang akan dilantik tersebut.

"Desas-desusnya saya dengar besok (hari ini). Tapi saya belum dapat gambaran SK-nya, siapa calonnya," ujarnya, Senin, 26 Februari 2024 sore kemarin.

Menurutnya, DPRD Riau sangat berharap calon Pj Gubernur Riau adalah orang yang berstatus sebagai warga Riau dan benar-benar mengenal daerahnya. Hal ini dikarenakan momen pengangkatan calon Pj tersebut bersamaan dengan masa Pemilu dan kondisi Riau yang sering terjadi bencana banjir dan Karhutla.

"Kita berharap, begitu dia dilantik, karena dia merupakan orang Riau, dia sudah kenal dengan wilayahnya. Sudah tahu harus berbuat apa," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya pun tidak menampik kemungkinan Pemerintah Pusat akan memilih bukan orang Riau sebagai Pj Gubernur Riau. 


Terkait beberapa calon yang diisukan bukan orang asal Riau, seperti Budi Situmorang dan Ellen Setiadi, menurutnya bisa saja terpilih jika memang keputusan dari Presiden Joko Widodo.

"Itu hak prerogatif presiden dan takdir dari calon tersebut. Kita tidak bisa ikut campur, tapi kalau ditanya harapan kita seperti apa, ya tadi, orang Riau," jelasnya.

Disamping itu, Hardianto menjelaskan bahwa agenda pelantikan Pj Gubernur Riau bisa saja diundur hingga satu bulan kedepan. Pasalnya, saat ini kursi Gubernur Riau sedang dialihkan kepada SF Hariyanto sebagai Plh Gubernur Riau. 

"Jabatan Plh itu biasanya sampai sebulanan. Jadi mungkin saja besok Pj Gubernur Riau bisa dilantik atau bisa juga diundur sampai bulan depan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Tapem Pemprov Riau John Pinem ketika dikonfirmasi apakah benar Pj Gubernur Riau akan dilantik hari ini, belum memberikan jawaban.