Sulitnya Perjalanan Logistik Pemilu ke 2 Dusun di Inhu, Lewati Hutan, Sungai hingga Lumpur

Pendistribusian-logistik-pemilu-di-inhu.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, INHU - Pendistribusian logistik pemilu akhirnya sampai di Dusun Sadan dan Nunusan Desa Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Pendistribusian logistik ini menempuh waktu dua hari untuk sampai ke lokasi dengan membelah hutan belantara dan menyusuri Sungai Batang Gansal selama 2 jam perjalanan.

Awalnya logistik ini didistribusikan dari Kantor KPU Jalan Pematang Reba menuju Kantor Kecamatan Batang Gansal, Minggu, 11 Februari 20024.

Setelah sampai di Kantor Kecamatan, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) bersama KPU, Bawaslu dan Polri bersama TNI menurunkan logistik ini di sana untuk dibagi ke beberapa dusun di Kecamatan Batang Gansal.

Keesokan harinya, satu unit bus bergerak ke Dusun Sadan dan Nunusan melewati Jalan Taman Nasional Bukit Tigapuluh penuh lumpur dan licin.

Sesampainya di rumah warga, petugas diguyur hujan deras, beruntung truk sudah dipasang terpal pelindung, sehingga logistik tidak basah.

Sebelum dinaikkan ke perahu warga, logistik kembali dibungkus menggunakan plastik hitam agar lebih aman, karena harus menyusuri Sungai Batang Gansal untuk ke Dusun Nunusan dan Dusun Sadan Suku Talang mamak.


"Untuk tiba di lokasi, kita harus menyusuri Sungai Batang Gansal selama 2 jam perjalanan," ujar Personel Polsek Batang Gansal, Bripda Boy, Selasa, 13 Februari 2024.

Bripda Boy yang bertugas mengawal pendistribusian logistik ke Dusun Nunusan dan Sadan mengatakan saat itu beruntung air sedang pasang.

"Jika air kecil, mungkin membutuhkan waktu lebih lama dan menggunakan galah untuk ke lokasi. Tapi ini tidak, perjalanan lancar meski ada dua kali menerobos air deras," terangnya.

Selama perjalanan, petugas disuguhi pemandangan indah dengan hutan kiri dan kanan yang masih alami.

Setelah menempuh perjalanan 2 jam di Dusun Nunusan, masyarakat dan panitia sudah menyambut logistik di sana.

Sedangkan untuk ke Dusun Sadan, kembali harus menempuh perjalanan dua jam menyusuri Sungai Batang Gansal.

"Di Dusun ini memang tidak ada jaringan sama sekali. Namun DPT di Dusun Nunusan ada 128 orang sedangkan di Dusun Sadan ada 171 DPT," jelasnya.

Terpisah, Kapolsek Batang Gansal, Iptu Cevin Thimorut Beryan mengajak masyarakat untuk bersama-sama ke TPS menggunakan hak pilihnya tanggal 14 Februari nanti.

"Silakan gunakan hak pilihnya. Jangan golput. Pilih sesuai hati nurani," pungkasnya.