Banjir di Riau Tewaskan Dua Warga, Terseret Arus hingga Hanyut di Sungai

Evakuasi-jasad-siswa-terseret-arus.jpg
(Dok. SAR)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Banjir yang merendam sejumlah daerah di Riau telah menelan korban jiwa. Dua warga meninggal dunia terseret arus banjir hingga hanyut di Sungai.

Sariman (63) warga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tewas di parit jalan lintas Sekelapas Rantau Kopar (Rohil). Jasad Sariman ditemukan seorang warga, Rudianto, yang hendak bekerja menggunakan pompong, melihat helm sekitar 5 meter dari jalan aspal, Minggu 31 Desember 2023, pukul 10.00 WIB.

Saat didekati, Rudianto dikejutkan dengan jasad Sariman yang tersangkut di tanaman berduri dan kayu dengan helm masih terpasang. Petugas dari kepolisian lantas turun ke lokasi setelah mendapat laporan dari perangkat Desa Sekapas, kemudian mengevakuasi korban ke Puskesmas.

Dari hasil visum, tak ditemukan luka atau tanda kekerasan. Sariman diduga tewas setelah jatuh saat menerobos banjir yang menggenangi jalan lintas Sekapas. Polisi juga menemukan sepeda motor korban.

Kapolres AKBP Andrian Pramudianto mengimbau pengendara untuk tidak menerobos banjir atau genangan yang cukuk dalam demi keselamatan bersama.


Selain Sariman, banjir juga menewaskan seorang anak berusia 13 tahun di Kota Pekanbaru. Rizki Ramadhan meninggal dunia setelah hanyut di Sungai Kelulut selebar 4 meter di Marpoyan Damai, Pekanbaru.

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Berry Juana, mengatakan korban dan teman-teman sempat bermain hujan pada pukul 16.00 WIB, lalu mandi ke Sungai Kelulut yang melintasi perumahan.

Saat di sungai, teman korban yang pertama kali masuk diikuti korban dan temannya yang lain.

Korban yang menuju ke tengah aliran sungai sempat dilarang oleh teman-temannya karena arus sungai saat itu sangat deras. Namun korban tetap ke tengah sungai hingga akhirnya tenggelam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru menemukan jasad korban sekitar pukul 04.00 WIB di wilayah Sungai Kelulut, Jalan Sekolah, Sidomulyo Barat, sebagaimana dilansir dari Batamnews, jaringan RIAU ONLINE, Selasa 2 Januari 2024.

Sementara hingga saat ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan disertai petir dan angin kencang masih akan melanda sejumlah wilayah di Riau. Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi banjir dan sungai meluap akibat hujan deras.