Milad ke-111, Muhammadiyah Riau Gelar Tabligh Akbar dan Galang Dana untuk Palestina

MIlad-muhammadiyah-di-annur.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat memadati pelataran Masjid Raya An-Nur, Jumat 1 Desember 2023, dalam puncak peringatan Milad ke-111 Muhammadiyah.

Masyarakat dari berbagai lapisan sengaja datang sejak pagi hari untuk bisa menyaksikan tausiyah dari tokoh nasional, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2008-2015, Din Syamsuddin

Ketua PW Muhammadiyah Riau, Hendri Sayuti, mengatakan peringatan Milad ke-111 Muhammadiyah selain diisi dengan kegiatan ceramah, ada juga penggalangan dana bantuan untuk Palestina.

"Panitia juga menyiapkan hadiah paket umrah dan 3 unit sepeda motor serta hadiah menarik lainnya," paparnya.

Tampak di lokasi kegiatan dipadati massa dari warga Muhammadiyah yang terdiri dari Pimpinan Persyarikatan, organisasi otonom, Dosen, Guru, Siswa dan seluruh pegawai Amal Usaha serta masyarakat umum.


Aksi peduli Palestina dengan penggalangan dana langsung dipandu oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Saidul Amri.

Ia mengatakan, ada empat alasan masyarakat Indonesia dalam membantu Palestina. Pertama, membantu Palestina karena kita adalah manusia.

"Anda tidak perlu jadi orang Islam untuk membantu Palestina, karena apa yang dilakukan Israel sudah melanggar hak manusia," paparnya.

Kedua, karena kita adalah orang Indonesia, karena Palestina mengakui kemerdekaan Indonesia. Ketiga, lanjutnya, karena kita orang Islam.

"Maka, tidak sempurna iman seorang muslim jika tidak mencintai saudaranya. Keempat, tentu saja karena kita orang Muhammadiyah," ulasnya.

Kegiatan tabligh akbar juga dihadiri Gubernur Riau Brigjen (Purn) Edy Natar Nasution, tokoh masyarakat Azlaini Agus, mantan ketua PWM Riau, Ketua MUI Riau, mantan Seda Provinsi Riau Ahmad Hijazi.