Puluhan Ribu Warga dari Lintas Agama di Pekanbaru Bela Palestina, Kutuk Israel

Aksi-bela-palestina-di-Pekanbaru3.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan ribu warga memenuhi Jalan Gajah Mada, Kota Pekanbaru, dalam aksi bela Palestina, Minggu, 19 November 2023. Tidak hanya umat muslim, masyarakat dari lintas agama yang hadir mengutuk ulah zionis keji Israel.

Massa yang hadir mengenakan pakaian serba putih dan membawa atribut serta bendera Palestina.

Rafika, yang turut hadir dalam Aksi Pekanbaru untuk Palestina, mengatakan bahwa ini bukan lagi soal agama, namun kemanusiaan.

Forum pembauran kebangsaan yang berasal dari lintas paguyuban juga sepakat untuk kemerdekaan Palestina.


Sekretaris Umum MUI Pekanbaru, Erman Gani, mengatakan Aksi Pekanbaru untuk Palestina murni aksi masyarakat Kota Pekanbaru, tidak hanya umat muslim.

"Masyarakat Pekanbaru dari lintas agama juga hadir dalam aksi bela Palestina," jelasnya usai aksi.

Ia menyebut masyarakat dari agama Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Kong Hu Cu, turut membela dan menyuarakan kemerdekaan untuk Palestina.

"Dalam konteks ini MUI sebagai penyelenggara, melakukan mobilisasi masyarakat yang hadir, sebagai bentuk kepedulian bagi masyarakat Palestina," ulasnya.

Aksi ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Pekanbaru dan MUI Pekanbaru. Kegiatan juga didukung organisasi keagamaan, organisasi pemuda, organisasi kemahasiswaan, organisasi perempuan, komunitas, majelis taklim dan lembaga pendidikan serta pihak lainnya.