Pembinaan SAR Community 2023, Basarnas: Media Komponen Penting dalam Pencarian Korban

Kegiatan-SAR1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Pekanbaru menggelar kegiatan Pembinaan SAR Community tahun 2023 di kantornya Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Kamis, 9 November 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas ) Abdul Haris Achadi.

Sebelum dibuka, laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan oleh Kepala Kantor SAR Pekanbaru Budi Cahyadi. Acara ini diikuti oleh 64 peserta dari kalangan pers berbagai media online, cetak dan elektronik.


Abdul Haris Achadi mengatakan, komponen penting dari kolaborasi adalah media. Ada lima komponen penting yaitu, pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha dan media.

"Pembinaan SAR Community ini merupakan kegiatan yang penting bersama media. Media bisa lebih berkiprah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Tapi, media perlu pembekalan-pembekalan. Quick action itu diperoleh satu jiwa satu rasa. Media merupakan komponen penting dalam rangka melakukan pencarian dan pertolongan," kata Haris.