Porwil XI Sumatera di Pekanbaru, CFD Tetap Normal

CFD-di-sudirman-pekanbaru1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru masih beraktivitas di kegiatan car free day (CFD), Minggu 5 November 2023. Hari bebas kendaraan bermotor masih berlangsung seperti biasa di Jalan Jenderal Sudirman.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru sebelumnya memastikan CFD tetap digelar meski ada kegiatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera. Iven olahraga terbesar seluruh Sumatera berlangsung di Kota Pekanbaru, mulai 4 hingga 14 November 2023.

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Pekanbaru Febrino menyebut CFD tetap digelar seperti biasanya. Ajang olahraga empat tahun sekali itu juga dipastikan tidak menggunakan area CFD tersebut.

"Kegiatan CFD tetap buka seperti biasa dan kegiatan pembukaan Porwil ini," jelas Febrino.


Terkait rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan Porwil, pihaknya tidak melakukan rekayasa secara khusus. Meski begitu, Dishub Pekanbaru siap melakukan rekayasa jika memang terjadi penumpukan kendaraan secara situasional.

"Rekayasa lalu lintas situasional saja. Apabila ada penumpukan, kendaraan akan kita alihkan," ujarnya.

Porwil Sumatera XI mendapat pengamanan ketat dengan melibatkan 800 personel gabungan yang terdiri dari anggota Polda Riau, Polresta, TNI, Pol PP, Dishub, dan pihak terkait. Mereka akan ditempatkan di berbagai venue tempat pertandingan dan akomodasi para atlet.

Iven olahraga ini akan mempertandingkan 114 nomor dari 10 cabang, termasuk atletik, barongsai, bola tangan, bola voli indoor, catur, e-sport, wushu, renang, sepakbola, dan sepak takraw.

Sejumlah atlet dari berbagai daerah di Sumatera akan bersaing dalam kompetisi ini, menampilkan potensi olahraga yang mengagumkan.