Riau Garden jadi Zona Halal, Aman, dan Sehat, Syamsuar: Lokomotif Kemajuan UMKM

Syamsuar832.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, meresmikan Riau Garden sebagai Pusat Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Khas) se-Sumatera, pada Kamis, 02 November 2023. 

Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada owner beserta tenant-tenant yang telah memberikan kesempatan untuk menjadikan Riau Garden sebagai Zona Khas.

"Sebenarnya program ini sudah lama ditaja oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, yang mana program kedua ini dimana seluruh daerah baik di ibu kota provinsi maupun kabupaten kota adanya Zona-zona Khas," ungkapnya. 

Syamsuar mengatakan dirinya sudah melakukan survei beberapa tempat di Pekanbaru, seperti di Jalan Sumatera dan Arifin Achmad, bersama Komite Nasional dan Keuangan Syariah yang langsung mengecek kondisi di lapangan. Namun pada akhirnya, Riau Garden yang dipilih sebagai Zona Khas.

"Semoga dengan ini nantinya akan ada tambahan Zona Khas lainnya, baik di Bengkalis, Siak, Pelalawan dan seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. sehingga nantinya kita harapkan ini bisa menjadi lokomotif untuk kemajuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Provinsi Riau sebagai bentuk perubahan ekonomi di masa depan," tuturnya. 

Owner Riau Garden, Tengku Azmun Jahaar, mengatakan ini merupakan satu kebanggan karena Riau Garden sudah terpilih menjadi pusat kuliner ter-Khas satu-satu di Sumatera. 


"Sehingga saya merasa terkejut. Riau Garden sebagai Zona Khas satu-satunya se-Sumatera dan nomor 6 se-Indonesia. Ini satu kebanggaan bagi saya yang tidak ternilai, goresan sejarah yang diberikan Bapak Gubernur, Syamsuar," jelasnya. 

Menurutnya, beban yang diberikan bukan hal yang mudah. Karena pihak akan menghadapi para pelaku ekonomi yang punya prinsip dan mencapai tujuan yang sama. 

"Oleh sebab itu pada kesempatan yang berbahagia ini, kami pengelola menyampaikan kami belum sempurna, belum siap optimal. Namun kami akan berusaha untuk mengembangkannya. Satu prinsip yang saya pakai untuk membangun Riau Garden, kenapa saya pakai nama Riau dan Garden karena saya ingin melingkup seluruh tokoh, masyarakat  yang ada di Riau dari berbagai macam suku, ras menyatu didalam satu aliran ini. Sehingga menjadikan tempat untuk menciptakan suatu hubungan silaturahmi bersama masyarakat Riau," katanya. 

Team Event and Promotion Riau Garden, Gesty, menambahkan setelah dilakukan proses launching, dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama.

"Alhamdulillah acara berjalan dengan sesuai harapan kita, tidak ada kendala semua berjalan lancar. Bapak Gubernur juga berhasil menyampaikan pesannya di momen ini. Beliau punya pesan untuk Riau Garden khususnya dan umumnya untuk masyarakat di Pekanbaru bahwa ini adalah Zona Khas pertama di Sumatera," ujarnya.

"Inilah salah satu kepercayaan yang harus kita jaga. Karena langsung diserahkan sama Gubernur. Memang cukup jadi beban tapi bukan beban yang memberatkan kita. Namun beban yang bikin kita termotivasi untuk dijadikan contoh. Mudah-mudahan setelah Riau Garden, ke depannya ada banyak Zona KHAS yang di-launching khususnya di Provinsi Riau maupun di Pekanbaru," tambahnya. 

Menurutnya, untuk rencana kedepannya sesuai harapan Gubernur Riau dapat terlaksana gerakan halal, menjaga kualitas dari dagangan dan bahan-bahan.

"Kalau rencananya pastinya kita pengen menjaga kepercayaan Bapak Gubernur dan kita pengen kembangkan lagi. Mudah-mudahan Zona Khas bukan jadi satu-satunya yang bisa kita berikan untuk Provinsi Riau, tapi ada hal lain yang kita bisa dapatkan ke depannya. Jadi bukan habis sampai di sini saja. Ada lagi mungkin prestasi atau projek lain yang bakalan kita kerjakan agar bisa memberikan kontribusi untuk Provinsi Riau khususnya Pekanbaru," tutupnya.

Artikel ini ditulis Annisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE