Simulasi Sispamko Lancar, Syamsuar Sebut Polda Riau Siap Amankan Pemilu 2024

Simulasi-Sispamko-Pemilu-2024.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Simulasi Pengamanan Kota (Sispamko) pada Pemilu 2024 di Jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Selasa, 17 Oktober 2023 berjalan lancar.

Ribuan pasang mata fokus menyaksikan berbagai aksi tim gabungan TNI-Polri, BPBD, Satpol PP, KPU, Damkar saat Sispamko tersebut.

Sebut saja simulasi penyelamatan Ketua KPU yang diculik teroris, sistem pengamanan demonstrasi, penjinakan bom hingga pengawalan kotak suara mampu memukau warga yang hadir menyaksikan. Simulasi Sispamko Pemilu 2024 diakhiri riuh tepuk tangan.

Gubernur Riau, Syamsuar, yang turut menyaksikan menyebut bahwa Polda Riau sudah siap mengamankan jalannya pesta demokrasi 2024 di Riau.


"Hari ini anggota menampilkan simulasi pengamanan dengan cekatan. Kami yakin mudah-mudahan daerah kita dalam situasi aman," ujar Syamsuar kepada awak media, Selasa, 17 Oktober 2023.

Meski simulasi dilakukan dengan skenario terburuk yang dapat terjadi, namun mantan Bupati Siak dua periode itu berharap hal buruk tak terjadi saat Pemilu 2024 mendatang.

"Memang kita tak berharap berada dalam skenario serupa, namun inilah kesiapan Kapolda. Kami mengapresiasi dan berterima kasih," tutupnya.

Di tempat yang sama, Danrem 031/Wirabima, Brigjen TNI Dany Rakca mengatakan seluruh personelnya di tiap wilayah siap menyukseskan jalannya Pemilu damai. Tak hanya di Pekanbaru, namun juga di seluruh Riau pihaknya akan menyiapkan kemampuan dan sistem sesuai SOP.

"Seluruh Korem terlibat dan kita organisir sesuai dengan arahan dan kegiatan yang telah dirumuskan bersama Polda Riau," pungkasnya.