Udara Kota Pekanbaru Tidak Sehat, Murid Sekolah Belum Diliburkan

Surat-imbauan-Disdik-pekanbaru.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabut asap melanda Kota Pekanbaru beberapa hari ini mengakibatkan udara keruh dan langit menguning. Kualitas udara berdasarkan data ISPU Kota Pekanbaru sempat di level tidak sehat.

Meski kualitas udara kian mengkhawatirkan, proses belajar mengajar masih berlangsung di sekolah. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru belum berencana menerapkan belajar dari rumah bagi para peserta didik.

Disdik Kota Pekanbaru menerbitkan Surat Edaran Nomor 420/Disdik-Sekretaris.1/034 60/2023. Surat ditujukan kepada seluruh kepala sekolah PAUD, kepala TK, kepala SD hingga kepala SMP.

Sekolah dimbau agar proses belajar mengajar dilaksanakan dalam ruangan dan mengurangi aktivitas di luar kelas. Kemudian, setiap peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan diwajibkan menggunakan masker.


"Kalau levelnya tinggi atau sangat tidak sehat, tentu akan kita buat edaran agar anak-anak belajar dari rumah," jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Senin 2 Oktober 2023.

Jamal menjelaskan bahwa ada dua poin penting dalam surat imbauan tersebut. Poin pertama yakni para peserta didik masih belajar di sekolah.

Mereka harus tetap belajar di ruangan selama berada di sekolah. Para peserta didik harus mengurangi aktivitas di luar seperti senam maupun olahraga saat sekolah.

"Maka kita imbau untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, karena kita memperhitungkan kualitas udara kota yang berada di level tidak sehat," pungkasnya.