Puluhan Mahasiswa UMRI Gelar Aksi Bela Rempang di DPRD Riau

Aksi-bela-rempang-di-dprd-riau.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar aksi bela masyarakat Pulau Rempang di depan Gedung DPRD Provinsi Riau, Jumat 29 September 2023. 

Masyarakat Pulau Rempang merupakan masyarakat mayoritas Melayu yang berada di wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Baru-baru ini beredar kabar bahwa masyarakat tersebut akan direlokasi dari tempat tinggalnya guna kepentingan investasi negara.

Orator aksi mengatakan, upaya penggusuran atau relokasi masyarakat Pulau Rempang merupakan bentuk penindasan negara kepada masyarakatnya.

"Ada 16 kampung di Rempang akan digusur untuk menjadikan wilayah Rempang sebagai investasi. Ini adalah bentuk penindasan kepada rakyat," ujarnya.


Meski Pulau Rempang bukan bagian dari Provinsi Riau, namun kemanusiaan seharusnya menjadi kepedulian sesama bangsa Indonesia, termasuk bagi masyarakat Riau.

"Kita adalah satu kesatuan. Penderitaan masyarakat Pulau Rempang adalah penderitaan dan kesedihan bagi kita semua. Kami menolak upaya relokasi di Pulau Rempang," jelasnya.

Kendati aksi masih berlangsung, kondisi lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman terpantau ramai lancar.