DPRD Dukung Pemko Pekanbaru Kembalikan Pengangkutan Sampah ke Kecamatan

Tumpukan-sampah22.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal, mendukung Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk mengembalikan sistem pengelolaan dan pengangkutan sampah kepada masing-masing kecamatan. Menurutnya, penerapan sistem ini akan kembali dijalankan pada awal tahun depan.

"Kemarin kan ada rencana Pemko Pekanbaru untuk mengembalikan sistem pengelolaan sampah itu kepada masing-masing kecamatan. Rencananya, awal tahun depan akan dimulai. Kita dari DPRD Kota Pekanbaru mendorong hal ini," ujarnya, Jumat 22 September 2023.

Menurutnya, pengelolaan sampah melalui kecamatan lebih efektif daripada menyerahkan kepada pihak ketiga. Apalagi, masih ada keluhan keterlambatan pengangkutan sampah dari pihak ketiga sampai saat ini.

"Kalau diserahkan kepada kecamatan, mereka akan lebih bertanggung jawab. Pasti lebih efektif dan efisien daripada diserahkan kepada pihak ketiga," jelasnya.


Sementara itu, terkait nantinya akan membutuhkan anggaran lebih besar untuk peralatan mengangkut sampah, hal itu seharusnya bisa dianggarkan di APBD Pekanbaru. Pemko Pekanbaru juga bisa menyelenggarakan sewa peralatan kepada pihak ketiga.

"Kan bisa dianggarkan beli peralatan. Atau kalau bisa kita sewa saja peralatannya, itu lebih baik," pungkasnya.