591 PNS Pemprov Riau Masuk Usia Pensiun Tahun 2023

ASN.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendata sebanyak 591 Pegawai Negeri Sipil (PNS) memasuki batas usia pensiun pada 2023.

Data tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian, Endinovelly, Jumat 22 September 2023.

Rincian PNS yang akan pensiun tersebut di antaranya dari Dinas Pendidikan (Disdik) sebanyak 277 tenaga guru memasuki usia pensiun. 

Sementara di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ) hanya 1 orang pegawai yang memasuki batas usia pensiun.


Endinovelly mengatakan, rata-rata setiap tahunnya ada sekitar 500 pegawai Pemprov Riau yang memasuki masa pensiun.

"Setiap tahunnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada yang pensiun, namun yang paling banyak itu Dinas Pendidikan yakni tenaga guru, dengan total 277 pegawai untuk tahun ini," ujarnya.

"Untuk itu dengan adanya Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat menggantikan posisi pegawai yang akan pensiun," jelasnya.

Tahun ini Pemprov Riau membuka 3.379 formasi PPPK, untuk formasi guru sebanyak 3.057, kesehatan 173 formasi dan tenaga teknis 149 formasi.

Artikel ini ditulis Novrika Sona Rohana, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE