Persebaran Sekolah Belum Merata, SDN 87 Pekanbaru cuma Punya 40 Murid

Abdul-Jamal2.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 sudah berakhir. Namun kuota murid di seluruh sekolah belum bisa terisi karena persebaran sekolah belum merata.

Sejumlah sekolah negeri di Kota Pekanbaru ternyata masih kekurangan murid, seperti di SDN 87 Pekanbaru. Sekolah di Jalan Hangtuah ini hanya punya 40 murid dalam satu sekolah.

 

Adapun murid di SDN 87 Pekanbaru yakni Kelas I hanya lima orang, kelas II jumlahnya sebanyak 12 orang dan kelas III hanya 2 orang. Sedangkan kelas IV ada 6 orang, kelas V ada 6 orang dan kelas VI ada 9 orang. 

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal tak menampik bahwa masih ada sekolah negeri yang kekurangan murid. Ia menyebut, banyak ruang kelas yang belum terisi dan masih kosong.


 

Satu faktor membuat sejumlah kelas di sekolah belum terisi karena banyak orangtua beranggapan harus belajar di sekolah favorit. Selain itu, faktor lainnya yakni persebaran sekolah yang belum merata. 

 

"Karena itu, ada sekolah negeri yang tidak kebagian murid pada PPDB lalu. Kan tidak mungkin sekolah di Okura malah diisi oleh anak yang tinggal di Panam, begitu juga sebaliknya," ujarnya, Kamis 24 Agustus 2023.

 

 

Jamal mengatakan, pihaknya bakal melakukan evaluasi persebaran murid di seluruh sekolah. Ada rencana SDN 87 Pekanbaru bakal mengalami merger dalam waktu dekat.

 

"Rencananya sekolah itu akan merger dengan SDN 74 Pekanbaru. Ini masih dalam proses," ungkapnya," tuturnya.