3 Ekor Gajah Jadi Pasukan Pengibar Bendera HUT Ke-78 RI di BBKSDA Riau

Gajah-kibarkan-bendera-di-bbksda.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemandangan unik terlihat saat upacara peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Tiga ekor gajah menjadi pasukan pengibar bendera.

Tiga ekor gajah beserta mahout atau pawang menjadi pasukan pengibar bendera di Kantor BBKSDA Riau.

Ketiga gajah yang diberi nama Bankin, Vera, dan Indah, berjalan teratur mengikuti instruksi pawang untuk mengibarkan bendera.

Saat lagu Indonesia Raya berkumandang, gajah betina bernama Vera menjadi pengerek tali tiang bendera menggunakan belalainya.

Kepala Bidang TU BBKSDA Riau, Hartono mengatakan, tujuan pengibaran bendera merah putih bersama gajah ini untuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dalam memeriahkan HUT ke-78 RI.


“Tujuannya untuk sarana edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini dianggap sebagai hama merupakan hewan yang dilindungi dan dapat diikutsertakan dalam kemerdekaan Republik Indonesia,” terang Hartono, Kamis, 17 Agustus 2023.

Hartono menambahkan, ketiga gajah yang diikutsertakan dalam upacara bendera ini berumur antara 30 hingga 35 tahun.

“Ini tiga ekor gajah mitigasi konflik yang selama ini dimanfaatkan untuk pengendalian terkait permasalahan yang ada di Provinsi Riau. Untuk kita ikutkan tiga ekor gajah untuk melakukan pengibaran bendera,” ungkapnya.

Hartono mengaku, persiapan tiga ekor gajah menjadi pengibar bendera merah putih hanya memerlukan waktu kurang dari 24 jam.

“Persiapan hanya setengah hari pada saat pelatihan pengibaran bendera itu kita punya gagasan di hari Senin,” tutupnya.