Sehari Hampir Tiga Hektar Lahan Terbakar di Kota Pekanbaru

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan17.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebakaran lahan di Kota Pekanbaru kini tak terhindarkan. Satu hari ada lima kebakaran lahan terjadi di kota ini. Total luas lahan terbakar mencapai 2,78 hektar terjadi Selasa, 1 Agustus 2023 kemarin.

Kebakaran terjadi di lima lokasi berbeda yakni di Jalan Nila RT 01/ RW 07, Kecamatan Marpoyan Damai dan di bawah Jembatan Siak 4 Pekanbaru. Lalu ada di Jalan Perjuangan, RT 01/RW 01, Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Kutilang Sakti, RT 02/ RW 03, Kecamatan Bina Widya. 

 

Sedangkan titik terakhir kebakaran lahan terjadi di Jalan Melati Ujung, RT 3/ RW 12, Kecamatan Kulim. Tim di lapangan pun berjibaku memadamkan lahan yang terbakar.

 

"Kemarin ada lima kejadian kebakaran lahan dalam sehari," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Alan Kurnia, Rabu 2 Juli 2023.

 

Dirinya menyampaikan bahwa upaya pemadaman terhadap lahan terbakar sudah dilakukan. Tim BPBD Kota Pekanbaru melakukan upaya pemadaman lahan terbakar bersama tim gabungan dari TNI, Polri, Damkar, Manggala Agni, PK Pertamina dan warga.

 

"Ada juga personel BPBD Provinsi Riau ikut membantu memadamkan lahan yang terbakar," paparnya.

 


Pihaknya mengimbau kepada para pemilik agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apabila masyarakat yang melihat kejadian kebakaran khususnya lahan terjadi di sekitarnya agar bisa menghubungi call center BPBD di kontak 08117651464.

 

Sebelumnya diberitakan, dua insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Pekanbaru, Selasa, 1 Agustus 2023, seperti disengaja dilakukan untuk membuka lahan baru dalam penanam sawit.

 

Pantauan RiauOnline.co.id di lapangan, terlihat potong kayu, ilalang serta potong rumput sengaja ditumpuk untuk dibakar oleh pemilik lahan.

 

 

 

 

Kebakaran pertama terjadi Jalan Darma Bakti Ujung, Kecamatan Payung Sekaki, sedangkan kebakaran kedua terjadi di Kecamatan Tenayan Raya.

 

"Kita masih melakukan penyelidikan. Sejauh ini kita sudah memeriksa tiga orang saksi," tegas Kasat reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra.