Calvin dan Welika Terpilih Jadi Bujang Dara Kota Pekanbaru 2023

Bujang-dara-pekanbaru-2023.jpg
(Septri Windiyana Putri/MG Riau Online)

Laporan: MG Septri Windiyana Putri 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Calvin Rahmad Fadila dan Welika Maurenza Prista berhasil menjadi juara pada pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2023. Pengumuman pemenang Bujang Dara Pekanbaru 2023 di Hotel Novotel, Sabtu, 29 Juli 2023, malam.

Acara tahunan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru ini diiringi musik khas Kabupaten Kampar, Calempong.

Sementara itu, untuk Bujang dua diraih oleh Haikal Aidel Alatas dan Dara dua Yolanda Tri Wulandari. Bujang tiga Celvin Rinaldi dan dara tiga Siti Nurhaliza.

Selain pengumuman Bujang Dara, pada malam itu juga diumumkan pemenang kategori Bujang Dara Photogenik yang diraih oleh Varain Afta Al Akbar dan Cindy Sri Kartika Zai. Kemudian, kategori Bujang Dara intelegensia yang diraih oleh Aidel Haikal Alatas dan Mega Orceka Depara.

Selanjutnya juga ada kategori Bujang Dara Ekonomi Kreatif yang diraih oleh Sidiq Muhammadiyah dan Lucy Rahmi Callina. Kategori Dara Otonomi Daerah diraih oleh Cindy Sri Kartika Zai.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, Masriya, menjelaskan Bujang Dara Pekanbaru dipilih berdasarkan serangkaian tes. Mulai tes administrasi dan tertulis pada 3 Maret 2023, tes wawancara pada 4 Maret 2023, dan diakhiri dengan tes bakat dan minat pada 5 Maret 2023.

"Selanjutnya ditetapkan 24 finalis Bujang Dara 2023 yang ditandai dengan acara pemasangan selempang pada hari Minggu, 12 Maret 2023 di Mall Pekanbaru," ucapnya, Sabtu, 29 Juli 2023.

Kemudian, finalis memasuki masa pra-karantina dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Pekanbaru, seperti Rumah Singgah Tuan Kadi, Rumah Tenun, Tugu Titik Nol untuk mengenal sejarah dan asal usul Kota Pekanbaru.

Dilanjutkan dengan pembekalan 12 finalis pada 24 sampai 26 Juli 2023. Melakukan interview pada 27 Juli 2023, dan terakhir ditutup dengan malam puncak Grand Final Bujang Dara, 29 Juli 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, yang hadir pada malam itu, berharap Bujang Dara 2023 yang terpilih dapat mengemban tugas dengan tanggung jawab dan amanah.

"Acara ini tidak hanya sekedar mencari siapa yang menang akan tetapi juga untuk persaudaraan dan silaturahmi. Mudah-mudahan acara ini bermanfaat untuk Kota Pekanbaru," tuturnya.