Kasus Rabies Mencuat di Riau, DPRD Akan Panggil Dinas Peternakan dan Hewan

Agung-Nugroho-7.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Maraknya infeksi rabies di Provinsi Riau menjadi sorotan bagi DPRD Riau. Pasalnya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Riau telah mencatat sebanyak lima warga menjadi korban gigitan anjing terinfeksi rabies dan seorang di antaranya, yakni warga Desa Kampas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir, meninggal dunia.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho, mengimbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan agar segera melakukan vaksinasi rabies. Ia menambahkan, bagi dinas terkait agar melakukan sosialisasi secara masif dan difasilitasi tempat vaksin rabies tersebut.

"Kami imbau kepada pemilik hewan agar melakukan vaksin rabies. Ini sebagai upaya antisipatif agar penyebarannya tidak meluas," kata Agung, Kamis, 27 Juli 2023.

Politikus Demokrat itu menjelaskan, kesadaran pemilik hewan ini sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kasus yang terjadi. Masyarakat juga diimbau untuk merawat hewan peliharaan dengan baik dan memeriksakan kesehatan hewan.


Selanjutnya, Agung menyayangkan terjadinya penularan yang begitu cepat hingga memakan korban jiwa. Hal itu dikarenakan masyarakat sangat dibuat resah dengan kondisi ini.

"Masyarakat mulai dibuat ketakutan dengan adanya kejadian ini. Untuk kami minta agar Dinas Peternakan segera bertindak cepat," kata dia.

Lanjut dia, dalam waktu dekat, DPRD Riau akan memanggil Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau untuk memastikan langkah-langkah konkret yang diambil.

"Kami dalam waktu akan segera lakukan dengar pendapat bersama Dinas Peternakan supaya wabah seperti ini segera diatasi," tutup Agung.