Panen Raya Padi di Meranti, Syamsuar Serahkan Beragam Bantuan ke Masyarakat

Syamsuar785.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, KEPULAUAN MERANTI - Gubernur Riau, Syamsuar, mengikuti panen raya padi di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, Senin, 24 Juli 2023.

Kendati Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi penghasil sagu, namun masyarakat di sana terbiasa tetap menjadikan nasi sebagai sumber karbohidrat utama.

"Oleh karena itu, tahun ini memang Pemerintah Provinsi Riau selalu mendukung gerakan yang bertujuan untuk produksi tanaman pangan," ucapnya. 

Dalam kunjungan kerja itu, Syamsuar juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat daerah, camat, dan BPBD. Satu di antaranya bantuan hewan ternak sapi.

"Tujuan diberikannya berbagai batuan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan diberikannya peralatan penanganan karhutla ini berfungsi untuk mengantisipasi dan pengendalian kebakaran hutan," paparnya.


Bantuan tersebut di antaranya traktor, penyerahan alat bantu panen, dan penyerahan bantuan paket pupuk. Ada juga Kelompok Tani Kopi yang mendapat bantuan dua mesin kopi sachet, dan Kelompok Tani Karet menerima satu paket alat pasca panen karet.

Datuk Setya Seri Amanah itu juga menyerahkan satu unit mesin pemadam yang diterima oleh Camat Rangsang. Satu unit mesin pemadam yang diserahkan kepada Kepala Desa Tanjung Peranap. Lalu, bantuan hewan ternak sapi kepada kelompok tani.

Masing-masing tujuh ekor sapi diterima oleh Kelompok tani Berkah Desa Gogok Darusalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kelompok Berkah Berkarya Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi, dan Kelompok Ternak Sepakat Desa Insit Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

"Tujuh ekor sapi diterima oleh Kelompok Tani Berkah Desa Gogok Darusalam Kec. Tebing tinggi barat, tujuh ekor sapi di serahkan kepada Kelompok Berkah Berkarya Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi. Dan yang terakhir, tujuh ekor sapi diberikan kepada kelompok ternak sepakat desa insit kecamatan tebing tinggi barat," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengutarakan agar di musim kemarau kering ini tidak ada terjadi karhutla mengingat Meranti banyak tanah gambut. Dengan adanya bantuan alat pemadam kebakaran juga bisa menjadi salah satu cara pencegahan.