Minta Guru Terapkan AI, Syamsuar: Buktikan Anak Riau Mampu Bersaing

Pertemuan-disdik-Riau.jpg
(Junichi Sitinjak/RIAU ONLINE)

Laporan: MG Junichi Sitinjak

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar, meminta kepada tenaga didik di sekolah se-Riau untuk menerapkan sistem pendidikan berbasis Artificial Intelligence (AI), terutama di jenjang SMA/SMK sederajat. 

"Kita harus buktikan bahwa anak-anak kita di Riau siap bersaing. Anak Riau harus berjati diri melalui AI," katanya di hadapan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau dan para kepala sekolah dalam acara Penerapan Sistem Pendidikan Berbasis Artificial Intelligence untuk SMA Sederajat di Gedung Daerah Balai Serindit pada Kamis, 20 Juli 2023.

Syamsuar berharap para siswa di Bumi Lancang Kuning mendapatkan didikan yang baik, sehingga dapat meninggalkan hal-hal buruk, seperti merokok, narkoba, dan LGBT.


"Saya harapkan kepada tenaga pendidik harus benar-benar menjadi guru, jangan pula anak-anak yang lebih pintar dari pada guru," jelasnya.

Sementara itu, Kadisdik Riau, Kamsol, yang turut hadir dalam kegiatan itu mengatakan bahwa etika dan moral siswa di sekolah masih minim. Ia mengakui bahwa untuk menumbuhkan karakter siswa tidak bisa dengan mengandalkan AI saja. Menurutnya, peran guru sangat penting dalam membentuk karakter baik siswa.

"Untuk kompetensi di era ini anak bisa belajar dimana saja. Berikutnya, kami tahun ini membuka pengumuman umum, memilih sekolah-sekolah yang siap di era digital ini," pungkasnya.