Disdik Riau Bentuk Tim untuk Pendidikan Berbasis AI SMA/SMK Sederajat

Kadisdik-Kamsol2.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pendidikan di Riau tengah bersiap untuk beralih ke sistem Artificial Intelligence (AI) tingkat SMA/SMK sederajat. Kepada Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau mengatakan hal ini seiring dengan perkembangan dunia pendidikan di era 5.0.

Sementara, Kamsol belum menjelaskan secara rinci terkait anggaran yang akan digunakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dalam mempersiapkan sistem pendidikan berbasis AI tersebut.

"Yang jelas perangkat keras sudah ada yang bisa disesuaikan dengan kominfo dan yang ada di kita. Kemampuan anggaran paling menyiapkan tim-tim untuk bekerja ekstra di luar jam kerjanya masing-masing," jelasnya, Kamis, 20 Juli 2023.

Namun, Dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) akan digunakan dalam penerapan sistem AI.


Kamsol menyebut Bosda bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekolah sementara Bosnas harus berdasarkan peraturan menteri.

"Pada Bosda ada peraturan gubernur. Sehingga, bisa diterapkan," katanya.

Lebih lanjut, kata Kamsol, pihaknya telah membentuk tim untuk mengkaji terkait sekolah-sekolah yang dianggap siap melaksanakan sistem AI ini. Apalagi, kata dia Gubernur Syamsuar ingin pihaknya bergerak cepat mempersiapkan pendidikan berbasis AI.

Selain itu, Kamsol menjelaskan dibutuhkan teacher society dan teacher upskillin untuk penerapan pendidikan sistem AI di kabupaten mengingat membutuhkan jaringan internet.

"Seperti yang disampaikan profesor, di sana bisa mendownload data baru dikerjakan secara offline. Baru dikirim lagi melalui online. Apalagi saat ini cafe telah menyediakan wifi sehingga bisa dijadikan untuk work in space serta anak-anak untuk belajar dengan sistem AI," paparnya.