Jarak Tempuh ke Padang Kian Dekat, Intip Progres Pembangunan Tol Pekanbaru-Pangkalan

Tol-Pekanbaru-pangkalan1.jpg
(Dok. WIKA via Batamnews)

RIAU ONLINE - PT Wijaya Karya (Persero) atau Wika mengumumkan progres pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru seksi Bangkinan-Pangkalan sudah mencapai 83,24%.

Wika melalui akun media sosialnya menyebut bahwa pihaknya saat ini fokus pada tahap pengerasan dan pembangunan slab pada jembatan jalan tol sepanjang 24,7 km itu.

Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan diharapkan mempermudah mobilitas dan meningkatkan pemerataan pembangunan serta pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sumatera.

Jalan Tol Pekanbaru-Padang memiliki total panjang 254 km yang menghubungkan Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau.

Jalan tol ini dibangun dalam 6 seksi, yakni Padang-Sicincin, Sicincin-Bukittinggi, Bukittinggi-Payakumbuh, Payakumbuh-Pangkalan, Pangkalan-Bangkinang, dan Bangkinang-Pekanbaru.


Sementera seksi Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang telah selesai dan dioperasikan awal tahun lalu.

Saat ini, pembangunan 2 seksi lainnya, Padang-Sicincin dan Bangkinang-Pangkalan, sedang dalam proses. Diharapkan dua seksi ini rampung pada 2024.

Rencananya, seksi Pangkalan-Payakumbuh yang melintasi Kabupaten Limapuluh Kota juga akan dibangun. Bahkan, baru-baru ini investor dari Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) meninjau lokasi tol tersebut.

Dalam kontrak sebelumnya, JICA akan membiayai pembangunan 3 terowongan yang akan melintasi Bukit Barisan. Jika berhasil, jalan tol ini akan mencetak rekor sebagai jalan tol dengan terowongan terpanjang.

Saat ini, rekor terowongan terpanjang dipegang oleh Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dengan panjang 472 meter, yang dilengkapi dengan terowongan kembar atau twin tunnel. Jalan tol ini telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Selasa, 11 Juli 2023, lalu sebagaimana dilansir dari jaringan RIAU ONLINE, Batamnews, Selasa, 18 Juli 2023.