Jalan Parit Indah Diperbaiki, Pengendara Dialihkan ke Rawa Wiri

Pengalihan-jalan-di-parit-Indah.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengendara yang melintas di ruas Jalan Parit Indah dialihkan sementara oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru ke Jalan Rawa Wiri.

Adanya pengalihan seiring pengerjaan overlay atau pengaspalan kembali Jalan Parit Indah, Kota Pekanbaru. Sejumlah alat berat terlihat masih melakukan pengaspalan di kawasan tersebut. 

Para pengendara untuk sementara belum bisa melintas karena baru satu jalur yang diaspal. Akses Jalan Parit Indah dari arah Rawamangun menuju ke STIKES Insyirah juga ditutup sementara.

"Sudah masuk tahap overlay," jelas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Selasa 18 Juli 2023.

Dirinya menyampaikan, pengerjaan overlay Jalan Parit Indah butuh waktu untuk proses pemadatan. Ia mengajak masyarakat untuk memahami proses perbaikan jalan tersebut.


"Masyarakat mengeluhkan, kenapa lama. Kita tidak ingin melangkahi standar yang kita lakukan," ujarnya.

Perbaikan ruas Jalan Parit Indah tidak bisa cepat tuntas karena kondisi permukaan tanah di Jalan Parit Indah juga labil. Selain itu, permukaan aspal di kawasan tersebut memang tidak stabil.

Pihaknya pun mendorong kontraktor pelaksana untuk memastikan kondisi permukaan Jalan Parit Indah sudah padat ketika diaspal kembali.

"Kita memastikan pemadatan terhadap base dan segala macamnya, setelah ada ujinya baru bisa kita melakukan terhadap jalan itu," paparnya.

Perbaikan Jalan Parit Indah berlangsung setelah pemerintah kota mendapat kucuran bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau Rp 5,2 miliar. Proses pengerjaannya terbagi dalam tiga sesi secara bertahap.

Overlay sesi pertama sepanjang 1.680 meter. Kemudian untuk sesi kedua sepanjang 318 meter dan sesi ketiga 50 meter.