Jalur Zonasi PPDB SMPN Pekanbaru Over Kapasitas, Afirmasi hingga Prestasi Sepi Pendaftar

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc via Tirto.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Kota Pekanbaru berakhir Selasa, 4 Juli 2023. Namun masih ada hampir dua ribu kuota yang belum terisi.

Total kuota yang belum terisi mencapai 1.660, yakni jalur afirmasi, jalur pindah orangtua dan jalur prestasi. Sementara, kuota cukup banyak terisi di jalur zonasi sebanyak 6.259.

Ada kelebihan kapasitas pendaftar di jalur zonasi sehingga melebihi kuota, yakni 8.183 pendaftar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal tidak menampik bahwa masih ada kuota jalur PPDB yang belum terisi. Ia menyebut ada kemungkinan kuota jalur zonasi akan bertambah dari sebelumnya. 

"Kita akan bahas, karena ada kemungkinan kuota ketika jalur akan dialihkan ke zonasi. Sebab kuotanya tidak terpenuhi," ujarnya, Kamis 6 Juli 2023.


Dirinya mengatakan bahwa pengalihan kuota jalur lainnya ke jalur zonasi masih menanti pengumuman hasil PPDB. Ada rencana pengumuman berlangsung hari ini.

"Prosesnya akan berlangsung di sistem PPDB,  maka kita tunggu pengumuman dulu. Kuota tidak terisi ini, kita tentukan setelah pengumuman," jelasnya.

Ia menyampaikan, untuk pengumuman hari ini masih fokus pada kuota seusai jalur yang ada di seluruh sekolah. Namun ada kemungkinan kuota jalur zonasi bertambah setelah pengumuman.