Muflihun Sarankan Orangtua Daftarkan Anak ke Sekolah Sesuai Domisili

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP negeri di Kota Pekanbaru bakal bergulir pada 26 Juni 2023 mendatang. Namun sayang, ada kemungkinan kapasitas di SMP negeri masih terbatas.

Kondisi tersebut masih menjadi permasalahan dalam PPDB tahun ini karena jumlah sekolah khususnya SMP negeri di Pekanbaru masih kurang. Hal ini juga diakui Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun.

"Ini agak sulit memang, sekolah kita masih kurang," ungkap Muflihun.

Dirinya mengatakan bahwa kekurangan kapasitas di SMP negeri masih menjadi masalah. Ia tidak berani memberi garansi bahwa tidak ada masalah dalam PPDB kali ini. 

"Semua orangtua pasti ingin anaknya, belajar di sekolah negeri," jelasnya.


Muflihun mengimbau lewat camat dan lurah melalui Dinas Pendidikan agar orangtua jangan fokus untuk daftar di sekolah pusat kota. Ia menambahkan bahwa saat ini tidak ada yang disebut sekolah unggulan.

"Sama semua sekolah, jangan sampai warga Panam malah mendaftar di SMPN 1, kan jauh," ujarnya.

Dirinya menyarankan orangtua bisa menjadikan SMP negeri di sekitar Panam sebagai pilihan. Ia menyebut, pemerintah kota berupaya untuk melakukan pemerataan sekolah.

"Ini kesepakatan kita bersama DPRD, untuk pemerataan pembangunan sekolah. Mungkin bisa dibangun rutin satu atau dua sekolah, di daerah yang kurang sekolahnya," pungkasnya.