Arus Mudik Aman dan Kondusif, Kinerja Polda Diapresiasi Tokoh Riau

Syamsuar715.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beberapa tokoh di Riau mengapresiasi kinerja Polda Riau karena dianggap sukses mengamankan jalannya ibadah di bulan Ramadan dan arus mudik lebaran tahun 2023.

Sebelum pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023, Polda Riau beserta jajaran telah melaksanakan Operasi Cipta Kondisi yang berlangsung pada 17 Maret sampai 15 April 2023 lalu.

Dari hasil pelaksanaan Operasi Cipta Kondisi tersebut Polda Riau mengamankan barang bukti narkoba jenis Shabu 83.271,24 gram, Ekstasi 55.456.00 butir, H-five 531.00 dan Knalpot Brong 2.503 Buah.

Polda Riau kemudian menggelar pemusnahan barang bukti narkoba, minuman keras dan knalpot brong hasil Operasi Cipta Kondisi menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H di halaman kantor Gubernur Riau.

Data yang berhasil dihimpun Biro Ops Polda Riau, terjadi penurunan gangguan kamtibmas. Berdasarkan data operasi ketupat tahun 2022 terdapat 231 laporan sedangkan di Tahun 2023 terdapat 213 laporan hal ini terdapat penurunan sebesar 8%.

Untuk data kecelakaan lalu lintas pada 2022 jumlah kejadian sebanyak 24 kasus, tahun 2023 sebanyak 11 kasus mengalami penurunan sebesar 38%. Korban meninggal dunia tahun 2022 sebanyak 13 orang, Tahun 2023 sebanyak 11 orang mengalami penurunan sebesar 15%. Korban luka berat tahun 2022 sebanyak 13 orang, tahun 2023 sebanyak 8 orang mengalami penurunan 38%. Korban luka ringan tahun 2022 sebanyak 25 orang, tahun 2023 sebanyak 22 orang mengalami penurunan 12% dan kerugian materil tahun 2022 sebesar Rp. 141.900.000 rupiah, tahun 2023 sebesar Rp. 171.500.000 mengalami kenaikan sebesar 21%.

Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, dari operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 terjadi penurunan untuk gangguan kamtibmas dan begitu juga untuk kejadian lakalantas.

“Kita dari awal Polda Riau dan jajaran melakukan langkah-langkah proaktif dengan mengadakan terobosan kreatif yaitu melaksanakan Operasi Cipta Kondisi. Upaya yang dilakukan agar gangguan kamtibmas dapat diminimalisir dengan tujuan masyarakat yang muslim lebih khusyuk menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan yang penuh maghfirah ini”,jelasnya, Rabu, 3 Mei 203. 

Kapolda juga menegaskan, dengan kegiatan Operasi Tertib Ramadhan selama bulan Ramadhan banyak polisi-polisi yang berada di mushola dan masjid untuk mengamankan pada saat sebelum berbuka puasa, di pasar-pasar, banyak polisi patroli sepeda, patroli jalan kaki, patroli roda dua, roda empat, untuk menjaga masyarakat yang ingin belanja di pasar-pasar pusat perekonomian.


Pada saat H-4 Polda Riau menggagas mudik gratis, ratusan masyarakat difasilitasi, dikawal, pakai mobil patroli polisi sampai ke tujuan. Disiapkan bus yang nyaman. Dan juga pada saat hari raya Idul Fitri, kita juga menjaga semua lapangan, masjid-masjid yang melaksanakan salat Idul Fitri. 

Sampai ke hari setelah lebaran Polda Riau juga kembali mengadakan balik gratis bagi pemudik dengan mempersiapkan angkutan transportasi dengan segala pelayanannya.

“Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning Tahun 2023 yang digagas oleh Polda Riau dengan melibatkan seluruh stakeholder alhamdulillah situasi kamtibmas secara umum di provinsi riau berjalan dengan baik aman dan kondusif”, ucap Gubernur Riau, Syamsuar.

Lanjutnya, ini merupakan prestasi membanggakan buat Polda Riau beserta seluruh jajaran, pos pengamanan, pos pelayanan, pos terpadu didirikan untuk fokus kepada persiapan pengamanan Idul Fitri 1444 H, mengamankan pada pusat perekonomian dan rumah-rumah kosong yang ditinggal mudik.

Selain itu, Gubernur Riau juga mengapresiasi Direktorat Lalulintas Polda Riau yang telah melakukan pengecekan uji kadar alkohol dan narkoba serta cek kesehatan bagi pengemudi di bus umum yang melaksanakan perjalanan mudik, kemudian kagiatan strong point pada daerah rawan lakalantas, rawan kemacetan dengan pos pelayanan terpadu polda riau, sehingga kecelakaan dapat ditekan, kemacetan dapat terurai serta ide kreatif yang dilakukan polda riau.

Sementara itu, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau, Iqbal Hasanudin menyampaikan, apresiasi kepada Polda Riau dan Jajaran atas keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023.

Ketua Dewan Organda Provinsi Riau M. Nasir  juga mengapresiasi Polda Riau dan Jajaran atas keberhasilan melakukan pengamanan Operasi Ketupat Lancang Kuning 2023 berjalan dengan baik dan lancar dalam pelayanan serta pengawasan dan pengawalan dari pihak Kepolisian Daerah Riau yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan arus mudik dan balik yang dilaksanakan oleh masyarakat.

Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Riau, Chaidir turut mengapresiasi yang luar biasa kepada Polda Riau sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H berlangsung dengan aman dan damai.

Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Riau Abdul Rahman Qomaruddin mengungkapkan,dirinya mengapresiasi Polda Riau dan Jajaran atas kinerjanya menciptakan situasi aman kondusif merupakan bukti nyata Polri bekerja melaksanakan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Ketua KAMMI Riau Wahyu Andrie Septyoju menyebut, apresiasi yang setinggi-tingginya dalam penanganan arus mudik dan balik serta apresiasi kepada Polda Riau yang telah menaja kegiatan mudik dan balik gratis bagi masyarakat.

“Selama ibadah ramadan, arus mudik, hari raya dan arus balik berjalan dengan lancar dan aman,  terima kasih pak polisi kami masyarakat puas dengan kinerja Polda Riau,”ucap Sandi salah seorang warga Kota Pekanbaru.