Dalam 3 Hari, Karhutla Dumai dan Bengkalis Hanguskan 50 Ha Lahan Gambut

Kapolda-Riau-padamkan-karhutla1.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis telah menghanguskan lahan gambut seluas 50 hektare. Kebakaran terjadi selama tiga hari sejak Jumat, 21 April 2023 hingga Minggu, 23 April 2023.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, saat meninjau pemadaman karhutla di dua kabupaten/kota tersebut menyebut bahwa 85 persen api telah berhasil dipadamkan.

"Sejak tanggal 21 April, tim tanpa kenal lelah sudah berjibaku memadamkan api di lahan seluas 50 hektare. Alhamdulillah 85 persen api sudah padam," ujar Irjen Iqbal usai turun dari helikopter di Mapolda Riau, Senin, 24 April 2023.

Selain itu, Irjen Iqbal juga terus berkoordinasi dengan jajaran untuk melakukan upaya pendinginan terhadap lahan gambut yang terbakar agar api tidak kembali menyala. 


"Saya perintahkan tim melakukan pendinginan. Karena 15 persen masih ada asap dan hari ini tim dari BPBD, Manggala Agni, TNI, Kapolres Dumai dan Pemda setempat masih di lokasi memadamkan api," terangnya. 

Mantan Kapolda NTB itu berharap dalam 2-3 hari ke depan jika tidak ada kendala, karhutla di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis sudah padam. 

"Pada prinsipnya kita harus bekerja dan ini tugas negara, doakan dalam 2-3 hari api akan padam dan jika hujan turun, hari ini juga akan padam," pungkasnya.